(ABSTRAK) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERCERITA MENGGUNAKAN MEDIA FILM KARTUN SISWA KELAS VII F SMP NEGERI 1 MANDIRAJA, BANJARNEGARA


Yuliatun Soliah , 2101406001 (2010) (ABSTRAK) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERCERITA MENGGUNAKAN MEDIA FILM KARTUN SISWA KELAS VII F SMP NEGERI 1 MANDIRAJA, BANJARNEGARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of (ABSTRAK) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERCERITA MENGGUNAKAN MEDIA FILM KARTUN SISWA KELAS VII F SMP NEGERI 1 MANDIRAJA, BANJARNEGARA]
Preview
PDF ((ABSTRAK) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERCERITA MENGGUNAKAN MEDIA FILM KARTUN SISWA KELAS VII F SMP NEGERI 1 MANDIRAJA, BANJARNEGARA) - Published Version
Download (74kB) | Preview

Abstract

Kemampuan bercerita siswa kelas VII F SMP N 1 Mandiraja rendah. Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan bercerita siswa menggunakan film kartun sebagai media pembelajaran. Rumusan masalah dalam skripsi ini (1) berapakah besaran peningkatan kemampuan bercerita siswa kelas VII F SMP N 1 Mandiraja, dan (2) bagaimana perubahan perilaku belajar siswa kelas VII F SMP N 1 Mandiraja pada saat mengikuti pembelajaran dengan penggunaan media film kartun. Tujuan penulisan skripsi ini adalah (1) menentukan besaran peningkatan kemampuan bercerita siswa kelas VII F SMP N 1 Mandiraja, dan (2) mengidentifikasi perubahan perilaku belajar siswa kelas VII F SMP N 1 Mandiraja pada saat mengikuti pembelajaran dengan penggunaan media film kartun. Subjek penelitian skripsi ini peningkatan kemampuan bercerita menggunakan media film kartun pada siswa kelas VII F SMP N 1 Mandiraja. Variabel yang diungkap dalam skripsi ini kemampuan bercerita dan media film kartun. Desain yang digunakan berupa penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengambilan data dilakukan dengan tes dan nontes. Pengambilan data tes dengan tes lisan, sedangkan pengambilan data nontes berupa observasi, wawancara, catatan harian, dan dokumentasi. Teknik analisis data disajikan secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil tes bercerita pada siswa kelas VII F yang meliputi hasil tes prasiklus, siklus I, dan siklus II. Pada siklus I rerata klasikal mencapai 63,87. Siklus II rerata kelas meningkat menjadi 75,87. Angka tersebut bermakna terjadi peningkatan sebesar 18,79% dari siklus I ke siklus II dan 42,99%. Hasil yang dicapai pada siklus II sudah memenuhi target rerata yang telah ditetapkan, yaitu 70. Peningkatan nilai rerata ini membuktikan keberhasilan pembelajaran bercerita dengan media film kartun. Perilaku belajar siswa kelas VII F SMP N 1 Mandiraja mengalami perubahan ke arah yang positif setelah dilaksanakannya pembelajaran bercerita menggunakan media film kartun. Pada siklus I siswa cenderung pasif, takut, grogi, malu, dan tidak percaya diri, pada siklus II berubah menjadi senang, aktif, dan bersemangat terhadap pembelajaran yang dilaksanakan. Selanjutnya, dapat dikemukakan saran media kartun hendaknya digunakan dalam pembelajaran dan kompetensi dasar yang lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kemampuan bercerita, media film kartun.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 26 Oct 2011 08:24
Last Modified: 26 Oct 2011 08:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6349

Actions (login required)

View Item View Item