PENGARUH POLA ANYAMAN SERAT ABACA TERHADAP KEKUATAN BENDING, TARIK, DAN MAKROSTRUKTUR PADA MATERIAL KOMPOSIT BERMATRIKS EPOXY


Untung Wibowo, 5201418009 (2023) PENGARUH POLA ANYAMAN SERAT ABACA TERHADAP KEKUATAN BENDING, TARIK, DAN MAKROSTRUKTUR PADA MATERIAL KOMPOSIT BERMATRIKS EPOXY. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5201418009_Untung Wibowo - Copy vv.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Serat alam (natural fiber) semakin banyak digunakan sebagai komposit pengganti serat sintetis. Penggunaan komposit serat alam pada industri otomotif dapat menekan biaya produksi yang lebih rendah dan berat total kendaraan dapat dikurangi 20-25%. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pola anyaman serat abaca terhadap kekuatan bending, tarik, dan makrostruktur pada material komposit bermatriks epoxy. Matriks yang digunakan dalam penelitian ini adalah resin epoxy dan reinforcement yang digunakan adalah serat abaca. Serat abaca dalam penelitian ini diberi perlakuan alkali NaOH 5% selama 2 jam dengan variasi pola anyaman plain, twill, dan random. Komposisi komposit terdiri dari 30% serat abaca (reinforcement) dan 70% resin epoxy (matriks) dengan metode pembuatan komposit hand lay up. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola anyaman mempengaruhi kekuatan mekanis pada material komposit, kekuatan bending dan tarik tertinggi berada pada variasi pola anyaman plain sebesar 69,2 MPa untuk uji bending dan 33,8 MPa untuk uji tarik. Hasil pengamatan makrostruktur pada patahan spesimen terdapat mekanisme fiber Pullout disebabkan karena kurangnya daya ikat antara serat dengan matriks sehingga serat terlepas dari ikatan matriks, terdapat matrix crack, terlihat debonding akibat tidak kuatnya daya ikat antara serat dengan matriks sehingga saat terjadi tekanan matriks terlepas dari serat dan terdapat rongga udara (void). Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa komposit dari pola anyaman serat abaca dengan matriks epoxy dapat digunakan sebagai material alternatif pembuatan dashboard mobil.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kekuatan bending, kekuatan tarik, makrostruktur
Subjects: T Technology > TYA Teknik Sipil
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Sipil, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 23 Jul 2024 07:44
Last Modified: 23 Jul 2024 07:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63390

Actions (login required)

View Item View Item