ANALISIS DEFORMASI TANAH TIMBUNAN JALAN REL KERETA API


Silas Surya Sumirat, 5111419071 (2023) ANALISIS DEFORMASI TANAH TIMBUNAN JALAN REL KERETA API. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5111419071_Silas Surya Sumirat - Copy.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu transportasi darat yang memiliki banyak keunggulan ialah moda angkutan kereta api dengan keunggulan seperti angkutan masal, ramah lingkungan, hemat ruang dan energi, aman dan lancar serta efisien sebagai angkutan perkotaan. Pembangunan jalan rel kereta api perlu direncanakan dengan baik agar dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Struktur jalan rel kereta api terdiri dari dua bagian, yaitu struktur bagian atas yang meliputi rel, penambat, dan bantalan, untuk struktur bagian bawah meliputi balas, subbalas, tanah dasar, dan tanah asli. Tanah dasar harus mampu memikul lapis dasar (subgrade) dan bebas dari masalah penurunan (settlement). Jika terdapat lapisan tanah lunak berbutir halus alluvial dengan nilai N-SPT < 4, maka harus tidak boleh termasuk dalam lapisan 3 m. Penelitian ini memodelkan pembebanan beban statis dan dinamis terhadap struktur jalan rel dengan menggunakan aplikasi komputer PLAXIS 2D V20. Bagian dari struktur jalan rel yang menjadi studi kasus penelitian ini adalah tanah timbunan sebagai perkuatan terhadap stuktur jalan rel. Parameter-parameter yang digunakan dalam pemodelan PLAXIS merupakan hasil uji laboratorium dan berdasarkan pada penelitian terdahulu. Kereta api yang melintas diasumsikan memiliki kecepatan 120 km/jam yang memiliki beban dinamis sebesar 82,89 kN/m dan memiliki beban statis sesuai dengan beban gandar maksimum sebesar 18 ton atau 176,52 kN. Hasil pemodelan dengan PLAXIS 2D V20 menunjukkan bahwa struktur jalan rel dan tanah timbunan mengalami deformasi yang cukup besar akibat menerima beban statis dan beban dinamis. Nilai dari displacements maksimum yang didapat akibat beban dinamis memiliki nilai yang lebih besar jika dibandingkan dengan nilai displacements maksimum akibat beban statis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Jalan rel kereta api, PLAXIS 2D, Tanah Timbunan.
Subjects: T Technology > TYA Teknik Sipil
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Sipil S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 10 Jul 2024 03:40
Last Modified: 10 Jul 2024 03:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63328

Actions (login required)

View Item View Item