Hubungan antara Aktivitas Belajar Siswa dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Turnament (TGT) dengan Hasil Belajar IPS di SMP Negeri 1 Kedung Jepara Tahun Ajaran 2010/2011


Novita Eka Pertiwi, 3201406543 (2010) Hubungan antara Aktivitas Belajar Siswa dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Turnament (TGT) dengan Hasil Belajar IPS di SMP Negeri 1 Kedung Jepara Tahun Ajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Hubungan antara Aktivitas Belajar Siswa dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Turnament (TGT) dengan Hasil Belajar IPS di SMP Negeri 1 Kedung Jepara Tahun Ajaran 2010/2011]
Preview
PDF (Hubungan antara Aktivitas Belajar Siswa dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Turnament (TGT) dengan Hasil Belajar IPS di SMP Negeri 1 Kedung Jepara Tahun Ajaran 2010/2011) - Submitted Version
Download (927kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi salah satu cara untuk membangkitkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran adalah dengan model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Turnament (TGT). Merupakan salah satu tipe model pembelajaran, yang menumbuhkan rasa tanggung jawab, kerjasama, dan persaingan yang sehat di dalam permainan dengan melibatkan peran siswa sebagai tutor sebaya. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Seberapa besar aktivitas belajar dan hasil belajar yang di peroleh siswa dalam model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Turnament (TGT)?, dan (2) Adakah hubungan antara aktivitas belajar siswa dalam model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Turnament (TGT) dengan hasil belajar IPS?. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui seberapa besar aktivitas belajar dan hasil belajar yang di peroleh siswa dalam model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Turnament (TGT), dan (2) Untuk mengetahui adakah hubungan antara aktivitas belajar siswa dalam model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Turnament (TGT) dengan hasil belajar IPS. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 1 Kedung Jepara sebanyak 481 siswa yang terdiri dari 15 kelas. Pengambilan sampel yang berjumlah 92 siswa dilakukan dengan purposive random sampling. Ada dua variabel yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu: (1) Aktivitas belajar siswa dalam model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Turnament (TGT) sebagai variabel bebas, (2) Hasil belajar IPS, sebagai variabel terikat. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan di analisis dengan tehnik analisis frekuensi dan koefisien korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) aktivitas belajar siswa dalam model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Turnament (TGT) termasuk dalam kriteria aktif, hal ini dilihat dari rata-rata mean sebesar 26,9 dengan presentase 65,2%. Keaktifan dapat dilihat seperti aktivitas siswa dalam belajar tim dan game turnamen, meskipun aktivitas siswa dalam penyajian kelas tergolong cukup aktif. (2) Hasil belajar yang di peroleh siswa terkait dengan aktivitas siswa dalam model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Turnament (TGT) sebesar 79,00. (3) Ada hubungan yang kuat dan signifikan antara aktivitas belajar siswa dalam model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Turnament (TGT) dengan hasil belajar, hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi dengan taraf signifikan 5% di peroleh nilai rxy sebesar 0,756 dan nilai rtabel sebesar 0,202 (nilai rxy > nilai rtabel). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar siswa dalam model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Turnament (TGT) termasuk dalam kriteria aktif, meskipun aktivitas bertanya dan mendengarkan cukup aktif, nilai rata-rata hasil belajar yang di peroleh siswa terkait dengan aktivitas siswa dalam model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Turnament (TGT) diatas nilai KKM sebesar 79,00 dan juga terdapat hubungan yang kuat dan siginifikan dengan hasil belajar. Dengan melihat aktivitas siswa dalam penyajian kelas tergolong cukup aktif, maka disarankan kepada guru untuk memberikan nasehat, pengarahan, motivasi, menumbuhkan mental keberanian siswa serta percaya diri kepada siswa agar dapat meningkatkan aktivitas mendengarkan dan bertanya. Serta hendaknya guru juga harus lebih menggunakan model pembelajaran yang inovatif sehingga lebih aktif dalam proses pembelajaran dan juga untuk meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Belajar Siswa, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Turnament (TGT), Hasil Belajar
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: eko handoyo perpustakaan
Date Deposited: 31 Mar 2011 02:23
Last Modified: 25 Apr 2015 04:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/633

Actions (login required)

View Item View Item