Angkur, post installed, cast in place, drill bit extractor concrete, kapasitas cabut


Irfan Aprilianto Setiawan, 5111419053 (2023) Angkur, post installed, cast in place, drill bit extractor concrete, kapasitas cabut. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5111419053 - Irfan Aprilianto Setiawan - Copy.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Jembatan merupakan infrastruktur jaringan jalan yang mempunyai peranan yang penting dalam bidang ekonomi, sosial budaya dan lingkungan hidup. Penelitian ini merupakan penelitian dimana peneliti merancang ulang jembatan kereta api rel ganda BH-314A menggunakan struktur rangka baja tipe welded through truss dengan bentang 56 meter yang berlokasi di kelurahan Nusukan Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta. Penelitian ini mengacu pada kriteria teknis peraturan Menteri Perhubungan No. 60 Tahun 2012 tentang persyaratan teknis jalur kereta api dengan kriteria yang sudah di sesuaikan dengan draft peraturan yang terbaru. Peneliti melakukan analisis struktur jembatan dan analisis data dengan cara menganalisis penampang atau dengan memvalidasi dimensi profil penampang secara utuh pada elemen – elemen kritis yang kemudian dievaluasi dalam nilai periode alami, rasio tegangan struktur, defleksi dan kapasitas tegangan penampang, dengan struktur beban yang dimodelkan menggunakan CSI SAP2000 v20 mampu mengakomodir persyaratan teknis pada lampiran Menteri Perhubungan No. 60 Tahun 2012. Hasil analisis perancangan ulang pada penelitian ini diperoleh bahwa struktur jembatan kereta api BH-314A dengan tipe rangka baja warren truss WTT (Welded Through Truss) memiliki periode alami struktur yaitu 0,594 detik. Dengan defleksi struktur jembatan sebesar 46,233 mm, masih memenuhi batas aman defleksi dengan nilai 56,00 mm. Untuk analisis tegangan struktur menunjukan bahwa seluruh elemen struktur menghasilkan angka rasio tegangan > 1. Sedangkan dari segi berat struktur, berat jembatan kereta api BH-314A dengan tipe rangka baja warren truss WTT (Welded Through Truss) adalah 345,2 ton dan berat jembatan menggunakan struktur Beton Precast PCI adalah 1944,1 ton, artinya jembatan dengan tipe rangka baja warren truss WTT (Welded Through Truss) lebih ringan dibandingkan tipe struktur Beton Precast PCI sekitar 82,24%. Maka diketahui bahwa, jembatan kereta api rel ganda BH-314A dengan tipe rangka baja warren truss WTT (Welded Through Truss) memiliki struktur yang aman, lebih efisien, dan memenuhi persyaratan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Double Track Railway, Jembatan, Struktur Atas, Welded Through Truss, Rangka Baja.
Subjects: T Technology > TYA Teknik Sipil
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Sipil S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 14 Jun 2024 02:28
Last Modified: 14 Jun 2024 02:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63184

Actions (login required)

View Item View Item