PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH DAN MOTIVASI INTRINSIK TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN TEKNIK PENGUKURAN TANAH SISWA KELAS X JURUSAN KONSTRUKSI DAN PERAWATAN BANGUNAN SIPIL (KPBS) SMK N 7 SEMARANG


Diah Nur Maladewi, 5101419029 (2023) PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH DAN MOTIVASI INTRINSIK TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN TEKNIK PENGUKURAN TANAH SISWA KELAS X JURUSAN KONSTRUKSI DAN PERAWATAN BANGUNAN SIPIL (KPBS) SMK N 7 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5101419029_Diah Nur Maladewi - Copy.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Maladewi, Diah Nur. 2023. Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Motivasi Intrinsik terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Teknik Pengukuran Tanah Siswa Kelas X Jurusan Konstruksi dan Perawatan Bangunan Sipil (KPBS) SMK Negeri 7 Semarang. Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang. Dosen Pembimbing Dr. Sri Handayani, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan sekolah terhadap hasil belajar mata pelajaran teknik pengukuran tanah siswa kelas X KPBS SMK Negeri 7 Semarang, mengetahui pengaruh motivasi intrinsik terhadap hasil belajar mata pelajaran teknik pengukuran tanah siswa kelas X KPBS SMK Negeri 7 Semarang, mengetahui pengaruh lingkungan sekolah dan motivasi intrinsik terhadap hasil belajar mata pelajaran teknik pengukuran tanah siswa kelas X KPBS SMK Negeri 7 Semarang. Desain penelitian ini termasuk penelitian ex-post facto dengan menggunakan jenis pendekatan penelitian deskriptif kuantitatif. Pengambilan sampel sebanyak 61 siswa kelas X KPBS SMK Negeri 7 Semarang yang dilakukan menggunakan jenis teknik simple random sampling yang dilakukan secara acak. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan angket/kuesioner dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan sekolah terhadap hasil belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran teknik pengukuran tanah siswa kelas X KPBS SMK Negeri 7 Semarang sebesar 73,1%, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara motivasi intrinsik terhadap hasil belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran teknik pengukuran tanah siswa kelas X KPBS SMK Negeri 7 Semarang sebesar 27,6%, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan sekolah dan motivasi intrinsik terhadap hasil belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran teknik pengukuran tanah siswa kelas X KPBS SMK Negeri 7 Semarang sebesar 27,6%. Dari hasil penelitian tersebut diharapkan sekolah tetap mempertahankan dan meningkatkan lagi kondisi lingkungan yang sudah termasuk baik terutama dalam hal kedisiplinan sehingga lingkungan menjadi kondusif dan nyaman, serta siswa diharapkan untuk mempertahankan motivasi yang sudah dimiliki terutama dalam hal adanya hasrat dan keinginan untuk berhasil.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Sekolah, Motivasi Intrinsik, Hasil Belajar.
Subjects: T Technology > TYA Teknik Sipil
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Sipil, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 11 Jun 2024 04:05
Last Modified: 11 Jun 2024 04:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63134

Actions (login required)

View Item View Item