Persepsi Siswa SMP dan SMA tentang Profil Mahasiswa PPL Jurusan Biologi Unnes yang Ideal di Kota Semarang


Muwahidin , 4414000034 (2006) Persepsi Siswa SMP dan SMA tentang Profil Mahasiswa PPL Jurusan Biologi Unnes yang Ideal di Kota Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Persepsi Siswa SMP dan SMA tentang Profil Mahasiswa PPL Jurusan Biologi Unnes yang Ideal di Kota Semarang]
Preview
PDF (Persepsi Siswa SMP dan SMA tentang Profil Mahasiswa PPL Jurusan Biologi Unnes yang Ideal di Kota Semarang) - Published Version
Download (612kB) | Preview

Abstract

Salah satu kondisi yang mendukung keberhasilan pelaksanaan PPL adalah apabila keberadaan mahasiswa PPL diterima dengan baik oleh siswa. Memperhatikan hal tersebut, maka dilakukan penelitian untuk mengetahui persepsi siswa SMP dan SMA tentang profil mahasiswa PPL jurusan Biologi Unnes yang ideal di Kota Semarang. Hal yang diungkap adalah profil mahasiswa PPL yang sesuai dengan harapan siswa meliputi kompetensi personal, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP dan SMA yang diajar, mahasiswa PPL Pendidikan Biologi Unnes 21 Februari – 21 Mei 2005 di Kota Semarang. Sampel dalam penelitian ini adalah 360 siswa SMP dan SMA tempat PPL. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode kuesioner, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Data yang diperoleh berupa jawaban responden yang telah dikuantitatifkan, kemudian dianalisis secara deskriptif persentase. Berdasarkan analisis deskriptif persentase, dapat diketahui bahwa persepsi siswa SMP dan SMA tentang profil mahasiswa PPL jurusan Biologi Unnes yang ideal di Kota Semarang yang mencakup kompetensi personal, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial kemasyarakatan memiliki kriteria baik dengan persentase 77,57%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa siswa SMP dan SMA Kota Semarang memiliki persepsi yang baik tentang profil mahasiswa PPL jurusan Biologi Unnes yang ideal. Merujuk pada tabel deskriptif peresentase, maka persepsi siswa terhadap mahasiswa PPL belum ideal. Memperhatikan hal tersebut, saran yang dapat disumbangkan yaitu pertama, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut ditinjau dari variabel lain yang berhubungan dengan PPL; kedua, mahasiswa PPL diharapkan lebih meningkatkan pengetahuan dan pengamalan kompetensi baik kompetensi personal, profesional, maupun sosial melalui latihan-latihan microteaching sehingga dapat menunjang keberhasilan PPL; ketiga, Kepala UPT PPL Unnes diharapkan dapat melaksanakan evaluasi terhadap pembekalan dan pelaksanaan PPL agar lebih baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Profil
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 31 Mar 2011 01:59
Last Modified: 25 Apr 2015 04:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/631

Actions (login required)

View Item View Item