PENERAPAN LAGU ANAK-ANAK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI LUAS DAN KELILING LINGKARAN DI SDN 3 KARANGGUDE


Palupi Lintang Nawanggaluh, 2501419021 (2023) PENERAPAN LAGU ANAK-ANAK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI LUAS DAN KELILING LINGKARAN DI SDN 3 KARANGGUDE. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2501419021 - Palupi Lintang Nawanggaluh.pdf] PDF
Download (8MB)

Abstract

SD Negeri 3 Karanggude merupakan sekolah yang mengajarkan peserta didiknya menghafal rumus matematika dengan cara menyenangkan, yang notabene kebanyakan siswa Sekolah Dasar mengeluhkan sulit menghafal rumus dan kurang menyukai mata pelajaran matematika dikarenakan cukup banyak istilah pada rumus-rumus yang terdengar cukup asing bagi mereka. Masalah tersebut yang menjadikan guru memiliki inisiatif untuk mencetuskan inovasi pembelajaran yang diharpkan dapat membantu dan mempermudah para siswanya untuk berkembang kearah yang lebih baik. Guru menerapkan lagu anak-anak dengan irama “Paman Datang ke dalam rumus luas dan keliling lingkaran agar mempermudah siswa dalam menghafal. Siswa akan jauh lebih memahami dan meresapi materi serta rumus yang telah diajarkan melalui lagu anak-anak tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan model penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik wawancara dilakukan kepada guru/wali kelas VI B dan mengambil sampel empat orang peserta didik yang terdiri dari dua orang siswa dan dua orang siswi yang mengikuti pembelajaran matematika materi unsur, luas dan keliling lingkaran di SD Negeri 3 Karanggude. Pembelajaran matematika materi unsur, luas dan keliling lingkaran di kelas VI B, SD Negeri 3 Karanggude dilaksanakan dalam kurun waktu empat hari. Dua hari sebelum penerapan lagu anak-anak, dan dua hari berikutnya dengan menerapkan lagu anak-anak dalam menghafalkan rumus lingkaran. Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan perkembangan positif yang cukup signifikan bagi peserta didik. Penerapan lagu anak-anak yang dilakukan oleh guru dapat memperbaiki fokus siswa saat pembelajaran berlangsung, meningkatkan antusiasme siswa untuk bertanya dikelas, serta berdampak baik pada perkembangan nilai harian siswa sebelum dan sesudah pembelajaran matematika tersebut diterapkan kedalam lagu anak-anak irama “Paman Datang” dengan sedikit gubahan lirik yang dilakukan oleh guru disesuaikan dengan kebutuhan pembelajaran. Saran yang diberikan oleh peneliti kepada guru yang bersangkutan adalah guru diharapkan mampu memaksimalisasikan pemahaman siswa dan perkembangan perilaku serta evaluasi harian siswa pada pembelajaran dengan terus berinovasi mengembangkan metode-metode pembelajaran yang dapat mempengaruhi pemahaman siswa pada materi yang telah diajarkan. Sehingga dampak positif tersebut tidak hanya bermanfaat bagi siswa saja namun juga guru selaku wali kelas siswa dan wali siswa sendiri.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penerapan, lagu anak-anak, pembelajaran
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 06 Jun 2024 06:13
Last Modified: 06 Jun 2024 06:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63025

Actions (login required)

View Item View Item