METODE PEMBELAJARAN SENI BUDAYA SUB MATERI MUSIK DI SMP NEGERI 41 SEMARANG
Salsabela Aryhani Ayu Larashati, 2501418124 (2023) METODE PEMBELAJARAN SENI BUDAYA SUB MATERI MUSIK DI SMP NEGERI 41 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
SMP Negeri 41 Semarang merupakan salah satu sekolah yang ada di Kota Semarang. Di sekolah ini mengajarkan mata pelajaran seni budaya sub seni musik. Pada dasarnya materi seni musik terdiri dari dua yaitu teori dan praktik. Masingmasing bagian tersebut tentu membutuhkan strategi pembelajaran yang berbeda. Pada kompetensi dasar yang ketiga materi seni musik kelas IX yaitu bernyanyi lagu populer secara unisono, guru memiliki metode unik dalam pembelajarannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana metode-metode pembelajaran yang diterapkan pada pembelajaran seni budaya sub materi musik dan bagaimana efektivitas dari metode-metode pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran seni budaya sub materi musik di SMP Negeri 41 Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan model penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi. Teknik wawancara dilakukan kepada kepala sekolah, guru seni budaya, dan siswa kelas IX C yang mengikuti pembelajaran seni budaya sub materi musik di SMP Negeri 41 Semarang untuk menggali informasi mengenai metode pembelajaran yang digunakan. Teknik observasi digunakan untuk mengamati secara langsung bagaimana proses pembelajaran dan implementasi metode pembelajaran yang dilaksanakan. Teknik dokumentasi digunakan untuk mengambil gambar berupa foto menggunakan bantuan kamera untuk mendapatkan data kegiatan pembelajaran seni budaya sub materi musik di SMP Negeri 41 Semarang. Pembelajaran seni budaya sub materi musik di SMP Negeri 41 Semarang memiliki beberapa komponen pembelajaran yaitu: (1) tujuan pembelajaran seni budaya sub materi musik adalah untuk menumbuhkembangkan potensi yang dimiliki siswa baik dari segi minat maupun bakat secara optimal, (2) siswa, yaitu siswa kelas IX C SMP Negeri 41 Semarang, (3) guru seni budaya, (4) materi pembelajaran lagu populer, (5) metode pembelajaran ceramah, diskusi, dan tanya jawab, (6) media pembelajaran berupa keyboard dan handphone, dan (7) evaluasi pembelajaran berupa penilaian teori dan praktik. Metode ceramah dilakukan pada awal pembelajaran, metode diskusi dilakukan sebelum memasuki sesi tanya jawab. Saran yang diberikan peneliti adalah agar guru mampu melakukan maksimalisasi pada pembelajaran dengan terus berinovasi mengembangkan metode-metode pembelajaran yang dapat mempermudah proses pembelajaran dan menghasilkan suasana yang kondusif
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode, pembelajaran, seni musik |
Subjects: | M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik) |
Depositing User: | dwi setyo hastaningsih |
Date Deposited: | 06 Jun 2024 03:35 |
Last Modified: | 06 Jun 2024 03:35 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62971 |
Actions (login required)
View Item |