MANAJEMEN PELATIHAN TARI DI SANGGAR TARI ARENA LANGEN BUDAYA KABUPATEN JEPARA


Retno Puji Iswanti, 2501417115 (2023) MANAJEMEN PELATIHAN TARI DI SANGGAR TARI ARENA LANGEN BUDAYA KABUPATEN JEPARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2501417115_Retno Puji Iswanti.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Sanggar Tari Arena Langen Budaya salah satu sanggar yang mampu bertahan dan berkembang di Jepara. Sanggar Tari Arena Langen Budaya didirikan pada 1 November 2011 oleh Noor Ali. Kegiatan pelatihan dilakukan secara langsung oleh Noor Ali sehingga mudah untuk melakukan evaluasi pelatihan. Sanggar Tari Arena Langen Budaya masih melakukan pelatihan Tari selama masa pandemic, sehingga Sanggar Tari Arena Langen Budaya tetap eksis setelah pandemi mereda. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini mengenai manajemen pelatihan tari dengan fokus masalah Bagaimana Manajemen Pelatihan Tari di Sanggar Tari Arena Langen Budaya Kabupaten Jepara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Manajemen Pelatihan Tari di Sanggar Tari Arena Langen Budaya Kabupaten Jepara. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi yang dikemukakan oleh Sutiyono. Proses pengambilan data meliputi kegiatan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik keabsahan data yang digunakan peneliti ialah menggunakan teknik triangulasi. Dalam menganalisis data penelitian, peneliti menggunakan tiga tahap analisis data yakni tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sanggar Tari Arena Langen Budaya masih bertahan dan tetap eksis setelah masa pandemi, meskipun mengalami penurunan jumlah siswa. Hal tersebut dapat terjadi karena Sanggar Tari Arena Langen Budaya telah merencanakan manajemen pelatihan yang tersusun rapi. Mulai dari perencanaan mencakup penetapan anggaran, penetapan jadwal, penetapan metode dan media pembelajaran, penetapan materi, pemilihan evaluasi. Tahap pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi yang tergabung dalam fase pelatihan tari di Sanggar Tari Arena Langen Budaya yang terdiri dari 3 fase, yakni fase sebelum adanya pandemi, masa pandemi, dan setelah pandemi. Saran peneliti bagi pelatih dan pengelola Sanggar Tari Arena Langen Budaya diharapkan membuat kegiatan yang kreatif untuk menarik kembali minat masyarakat supaya kegiatan pelatihan tari kembali seperti masa sebelum adanya pandemi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Pelatihan, Tari, Sanggar Tari Arena Langen Budaya. Sanggar Tari Arena Langen Budaya salah satu sanggar yang mam
Subjects: N Fine Arts > NL Theater and Dance
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Tari)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 06 Jun 2024 01:28
Last Modified: 06 Jun 2024 01:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62952

Actions (login required)

View Item View Item