PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN EDUKATIF SPINNING WHEEL PADA MATERI PROFESI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA MANDARIN BAGI SISWA TAMAN KANAK-KANAK


Kartika Dewi Setiyaningrum, 2404419015 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN EDUKATIF SPINNING WHEEL PADA MATERI PROFESI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA MANDARIN BAGI SISWA TAMAN KANAK-KANAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2404419015_Kartika Dewi Setiyaningrum.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi di TK Nusaputera Semarang. Adapun kesulitan guru yaitu ketersediaan media pembelajaran Bahasa Mandarin di sekolah yang terbatas. Selain itu kurangnya motivasi belajar siswa dan keaktifan siswa pada pembelajaran Bahasa mandarin di kelas juga menjadi masalah yang dialami di TK Nusaputera Semarang. Di TK Nusaputera terdapat 2 tipe kelas yaitu Regular Class dan Excellent Class. Pada penelitian ini meneliti pada kelas tipe Excellent Class yang berjumlah 5 orang siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan hasil analisis kebutuhan peserta didik di TK Nusaputera media pembelajaran edukatif spinning wheel pada materi profesi, (2) Mendeskripsikan hasil prototipe media pembelajaran edukatif spinning wheel untuk siswa TK Nusaputera Semarang pada materi profesi, (3) Mendeskripsikan hasil validasi ahli media pembelajaran edukatif spinning wheel untuk siswa TK Nusaputera Semarang pada materi profesi. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan lima tahapan yang telah disesuaikan dengan kebutuhan peneliti, antara lain (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan kuesioner. Hasil validasi oleh ahli materi menunjukkan bahwa media pembelajaran edukatif spinning wheel memperoleh nilai rata-rata keseluruhan 88.5 yang menunjukan kategori sangat layak dengan skor 4. Hasil validasi oleh ahli media menunjukkan media pembelajaran edukatif spinning wheel memperoleh nilai rata-rata keseluruhan 87.5 yang menunjukan kategori sangat layak dengan skor 4. Adapun saran perbaikan dari ahli materi yaitu perbaikan pada ukuran kartu pertanyaan sehingga gambar dan tulisan terlihat lebih besar dan dapat dipergunakan dengan lebih maksimal. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa media pembelajaran edukatif spinning wheel sangat layak digunakan dalam pembelajaran Bahasa Mandarin untuk membantu guru menyampaikan materi pembelajaran dan meningkatkan keaktifan serta motivasi belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Mandarin.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, edukatif, spinning wheel, profesi.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI2 China
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Mandarin (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 05 Jun 2024 06:49
Last Modified: 05 Jun 2024 06:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62889

Actions (login required)

View Item View Item