ANALISIS KESALAHAN PENGERJAAN SOAL HSK 4 BAGIAN MENGURUTKAN KATA ACAK PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA MANDARIN ANGKATAN 2020 UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Hansen Oscarius Louisanjaya, 2404419008 (2023) ANALISIS KESALAHAN PENGERJAAN SOAL HSK 4 BAGIAN MENGURUTKAN KATA ACAK PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA MANDARIN ANGKATAN 2020 UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2404419008_Hansen Oscarius Louisanjaya.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini menganalisis kesalahan pengerjaan soal HSK 4 bagian mengurutkan kata acak yang dilakukan oleh mahasiswa Pendidikan Bahasa Mandarin Unnes angkatan 2020. Struktur tata bahasa Mandarin memiliki perbedaan dengan struktur tata bahasa Indonesia. Pada umumnya, kesalahan yang dilakukan mahasiswa adalah penggunaan tata bahasa Mandarin yang kurang tepat sehingga membuat mahasiswa melakukan kesalahan dalam mengerjakan soal HSK 4 bagian mengurutkan kata acak. Tujuan penelitian ini dibuat adalah mengetahui kesalahan apa saja yang dilakukan mahasiswa angkatan 2020 dalam menjawab soal tes HSK 4 书写 (menulis) mengurutkan kata acak dan mendefinisikan faktor yang menyebabkan kesalahan pengerjaan dalam soal kata acak HSK 4 mahasiswa Pendidikan Bahasa Mandarin Unnes angkatan 2020. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif, yaitu hasil penelitian diuraikan dengan kata-kata secara naratif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal Ujian Akhir Semester mata kuliah Hanyu Shuiping Kaoshi, angket, dan wawancara. Objek penelitian adalah mahasiswa Pendidikan Bahasa Mandarin Unnes angkatan 2020 yang telah mengikuti mata kuliah Hanyu Shuiping Kaoshi. Hasil penelitian menunjukkan mahasiswa banyak melakukan kesalahan pada soal 疑问句(Kalimat Tanya), 定中结构 (Struktur Tetap), “有”字句, “把”字句, 状中结构 (Struktur kata keterangan), 主谓结构 (Struktur Subjek - Predikat). Faktor penyebab yang mempengaruhi kesalahan mahasiswa, yaitu mahasiswa cenderung pasif ketika diberi latihan soal, penguasaan kosakata mahasiswa masih kurang, dan pemahaman terhadap variasi struktur tata bahasa Mandarin khusus untuk bagian 书写 shūxiě mengurutkan kata acak masih kurang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesalahan, Pengerjaan, Kata Acak, HSK 4
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI2 China
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Mandarin (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 05 Jun 2024 02:49
Last Modified: 05 Jun 2024 02:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62874

Actions (login required)

View Item View Item