PENGEMBANGAN MEDIA NUMBER SLIDING RULER UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA MANDARIN ANGKA PULUHAN TINGKAT ANAK-ANAK
Priscilla Bilha Damaris Mardiyanto, 2404419002 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA NUMBER SLIDING RULER UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA MANDARIN ANGKA PULUHAN TINGKAT ANAK-ANAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil yang didapat dari observasi selama mengajar di Hai Mandarin Center Semarang yang berlangsung selama 2 bulan. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan, peneliti menyadari bahwa anak-anak lebih menyukai belajar menggunakan media pembelajaran yang interaktif. Dengan adanya media pembelajaran interaktif tentang angka puluhan dalam bahasa Mandarin dapat membantu pengajar dalam mengajar supaya dapat memberikan interaksi kepada siswa dan siswa juga dapat memakai media pembelajar untuk belajar agar tidak mudah bosan. Oleh karena itu, perlunya pengembangan media Number Sliding Ruler untuk pembelajaran bahasa Mandarin angka puluhan tingkat anak-anak. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan hasil analisis kebutuhan pengembangan media Number Sliding Ruler untuk pembelajaran bahasa Mandarin angka puluhan tingkat anak-anak, 2) Mendeskripsikan hasil prototype pengembangan media Number Sliding Ruler untuk pembelajaran bahasa Mandarin angka puluhan tingkat anak-anak, 3) Mendeskripsikan hasil validasi ahli pengembangan media Number Sliding Ruler untuk pembelajaran bahasa Mandarin angka puluhan tingkat anak-anak. Pada penelitian kali ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan lima tahap, yaitu 1) Potensi dan masalah, 2) Pengumpulan data, 3) Desain produk, 4) Validasi desain, 5) Revisi produk. Dari hasil analisis wawancara dengan siswa juga hasil analisis angket dari pengajar Hai Mandarin Center setuju dengan adanya media Number Sliding Ruler untuk pembelajaran bahasa Mandarin angka puluhan tingkat anak-anak. Hasil validasi oleh ahli materi mendapatkan nilai rata-rata 97,2 dengan skor 4 (rentang nilai 86-100) yang termasuk kategori sangat layak. Hasil validasi oleh ahli media mendapatkan nilai rata-rata 87,5 dengan skor 4 (rentang nilai 86-100) yang termasuk kategori sangat layak.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Angka, Bahasa Mandarin, Media Pembelajaran, Anak-anak |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI2 China P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Mandarin (S1) |
Depositing User: | dwi setyo hastaningsih |
Date Deposited: | 05 Jun 2024 02:41 |
Last Modified: | 05 Jun 2024 02:41 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62872 |
Actions (login required)
View Item |