Persepsi Guru Non Penjasorkes Terhadap Kinerja Guru Penjasorkes Sekolah Dasar Pada Daerah Binaan (Dabin) I dan II Kecamatan Gunungpati Kota Semarang Tahun 2009


Sugiyati, 2009 (2009) Persepsi Guru Non Penjasorkes Terhadap Kinerja Guru Penjasorkes Sekolah Dasar Pada Daerah Binaan (Dabin) I dan II Kecamatan Gunungpati Kota Semarang Tahun 2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Persepsi Guru Non Penjasorkes Terhadap Kinerja Guru Penjasorkes Sekolah Dasar Pada Daerah Binaan (Dabin) I dan II Kecamatan Gunungpati Kota Semarang Tahun 2009]
Preview
PDF (Persepsi Guru Non Penjasorkes Terhadap Kinerja Guru Penjasorkes Sekolah Dasar Pada Daerah Binaan (Dabin) I dan II Kecamatan Gunungpati Kota Semarang Tahun 2009) - Published Version
Download (25kB) | Preview

Abstract

Sugiyati. 2009. Persepsi Guru Non Penjasorkes Terhadap Kinerja Guru Penjasorkes Sekolah Dasar Pada Daerah Binaan (Dabin) I dan II Kecamatan Gunungpati Kota Semarang Tahun 2009. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang, 64 halaman. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah Bagaimana Persepsi Guru Non Penjasorkes Terhadap Kinerja Guru Penjasorkes Sekolah Dasar Pada Daerah Binaan (Dabin) I dan II Kecamatan Gunungpati Kota Semarang Tahun 2009?. Sedangkan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru mata pelajaran non penjasorkes terhadap kinerja guru penjasorkes dalam melaksanakan proses pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan di Sekolah Dasar pada Dabin I dan II Kecamatan Gunungpati Kota Semarang Tahun 2009. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner untuk memperoleh informasi persepsi guru mata pelajaran non penjasorkes terhadap kinerja guru penjasorkes. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 340 guru yang berasal dari 35 Sekolah Dasar se-Kecamatan Gunungpati. Pengambilan sampel dengan teknik total sampling yaitu sebanyak 126 guru yang bersala dari 18 SD pada Dabin I dan II Kecamatan Gununpati. Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif prosentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi guru mata pelajaran non penjasorkes terhadap kinerja guru penjasorkes Sekolah Dasar pada Dabin I dan II Kecamatan Gununpati Kota Semarang Tahun 2009 mempunyai persepsi dengan kriteria baik sebanyak 8016 %, kriteria cukup baik sebanyak 19,84 %, dan kriteria kurang baik adalah 0 %. Persepsi guru non Penjasorkes dengan kriteria sangat baik dalam penelitian ini tidak ada karena kelas interval yang digunakan hanya tiga kategori, yaitu baik, cukup baik, dan kurang baik. Guru non penjasorkes memberikan persepsi bahwa guru penjasorkes telah memiliki beberapa kompetensi yang meliputi kompetensi kepribadian dengan kriteria baik sebanyak 92,06 %, kompetensi paedagogik dengan kriteria baik sebanyak 73,02 %, kompetensi profesional dengan kriteria baik sebanyak 69,05 %, dan kompetensi sosial dengan kriteria baik sebanyak 80,16 %. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa persepsi guru mata pelajaran non penjasorkes terhadap kinerja guru penjasorkes sekolah dasar pada Dabin I dan II Kecamatan Gunungpati Kota Semarang Tahun 2009 menunjukkan kriteria baik . Dari hasil penelitian ini, penulis menyarankan adanya perhatian dari Unit Pelayanan Teknis Dinas (UPTD) Pendidikan Kecamatan Gunungpati Kota Semarang, sekolah, guru, siswa dan orang tua serta masyarakat untuk lebih memperhatikan proses pembelajaran penjasorkes. Dan dalam rangka meningkatkan mutu penjasorkes di Sekolah Dasar pada Dabin I dan II khususnya dan SD di Kecamatan Gunungpati Kota Semarang, disamping itu guru- guru penjasorkes harus lebih kreatif dalam proses pembelajaran penjasorkes sehingga tercapai tujuan pendidikan jasmani yaitu untuk membantu siswa untuk lebih meningkatkan kesegaran jasmani dan kesehatan melalui sikap sportif, serta kemampuan gerak dasar dan berbagai aktifitas jasmani.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 26 Oct 2011 02:46
Last Modified: 26 Oct 2011 02:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6284

Actions (login required)

View Item View Item