PENGEMBANGAN BUKU BACAAN BAHASA ARAB BERBASIS CERITA RAKYAT PESISIR UNTUK SISWA MADRASAH ALIYAH DI KABUPATEN KENDAL


Eric Megan Sukma, 2303419060 (2023) PENGEMBANGAN BUKU BACAAN BAHASA ARAB BERBASIS CERITA RAKYAT PESISIR UNTUK SISWA MADRASAH ALIYAH DI KABUPATEN KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2303419060_Eric Megan Sukma.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan survei kelas dunia, Hasil studi PISA 2018 yang dirilis oleh OECD menempatkan Indonesia di urutan ke 74 alias peringkat keenam dari bawah, menunjukkan bahwa kemampuan siswa Indonesia dalam membaca, meraih skor rata-rata yakni 371, dengan skor rata-rata OECD yakni 489. Artinya minat membaca Indonesia masih sangatlah rendah, hal ini terjadi pula pada literasi membaca bahasa Arab, sehingga dibutuhkan suatu produk buku yang menarik minat membaca siswa. Dengan mengembangan buku bacaan bahasa Arab berbasis cerita rakyat pesisir kabupaten Kendal merupakan sebuah buku bacaan bagi siswa yang berguna untuk merangsang belajar siswa agar siswa membaca buku berbahasa Arab. Bentuk dari buku bacaan ini berupa buku dengan mengangkat cerita rakyat pesisir kabupaten kendal yang penyajiannya menggunakan dua bahasa yaitu bahasa Indonesia dan Bahasa Arab. Buku ini akan menceritakan cerita-cerita yang berasal dari pesisir kabupaten Kendal. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Mendeskripsikan hasil analisis kebutuhan terhadap penunjuang buku bacaan bahasa Arab berbasis cerita rakyat pesisir untuk siswa MA di Kabupaten Kendal, (2) Mendasain purwarupa buku bacaan berbasis cerita rakyat pesisir untuk siswa MA di kabupaten Kendal, (3) Menganalisis hasil validasi ahli dan guru terhadap buku bacaan Bahasa Arab berbasis cerita rakyat pesisir untuk siswa MA di kabupaten Kendal, (4) Mendeskripsikan revisi ahli dan guru terhadap buku bacaan Bahasa Arab berbasis cerita rakyat pesisir untuk siswa MA di Kabupaten Kendal. Penelitian ini menggunakan desain research and development (R&D). Data penelitian diperoleh dengan teknik non tes. Instrumen non tes yang digunakan berupa wawancara, angket kebutuhan guru dan siswa, dokumentasi perpustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Buku Bacaan Bahasa Arab Berbasis Cerita Rakyat Pesisir untuk siswa Madrasah Aliyah di Kabupaten Kendal layak/sesuai, dapat disimpulkan dari keseluruhan aspek, dengan rincian: (1) Aspek kelayaka nisi dan Materi (2) Aspek kelayakan penyajian (Tampilan) (3) Aspek kelayakan Bahasa (4) Aspek kelayakan Grafis. Diperoleh total nilai rata-rata 3,26. Nilai masuk pada rentang nilai lebih dari 2,33 sampai kurang dari atau sama dengan 3,33 sehingga buku bacaan bahasa Arab berbasis cerita rakyat pesisir Kendal masuk pada kategori layak/sesuai.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Cerita Rakyat Pesisir, Buku Bacaan, Literasi Membaca dan Bahasa Arab
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 04 Jun 2024 02:49
Last Modified: 04 Jun 2024 02:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62783

Actions (login required)

View Item View Item