SIMBA (SITUS MEMPELAJARI BAHASA ARAB) : SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB BERBASIS GOOGLE SITES UNTUK SISWA KELAS VII MTS/SMP DI KOTA SEMARANG
Enggar Wigati, i 2303419020 (2023) SIMBA (SITUS MEMPELAJARI BAHASA ARAB) : SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB BERBASIS GOOGLE SITES UNTUK SISWA KELAS VII MTS/SMP DI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya permasalahan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran khususnya pada keterampilan membaca bahasa Arab kelas VII MTs/SMP yang dianggap sulit dan siswa sangat mudah bosan. Fenomena ini didasari oleh banyak faktor, antara lain guru masih melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan minimnya penggunaan media pembelajaran ketika proses penyampaian materi pembelajaran ataupun media pembelajaran yang masih monoton atau kurang adanya inovasi seiring berkembangnya zaman. Hal ini berdampak pada kurangnya penerimaan materi pada siswa, disebabkan kejenuhan dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, perlu dikembangkan sebuah media pembelajaran yang dapat menjadi alternatif suasana baru dalam proses belajar mengajar yang membantu siswa mempelajari bahasa Arab pada keterampilan membaca, salah satunya dengan pengembangan media Simba (Situs Mempelajari Bahasa Arab) berbasis Google Sites. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini yaitu : (1) Bagaimana analisis kebutuhan guru dan siswa terhadap pengembangan media Simba (Situs Mempelajari Bahasa Arab) berbasis Google Sites, (2) Bagaimana prototipe media Simba (Situs Mempelajari Bahasa Arab) berbasis Google Sites, (3) Bagaimana validasi ahli dan guru terhadap media Simba (Situs Mempelajari Bahasa Arab) berbasis Google Sites, dan (4) Bagaimana perbaikan-perbaikan media Simba (Situs Mempelajari Bahasa Arab) berbasis Google Sites. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantilatif (Mix Method) dengan desain penelitian dan pengembangan (Research and Development). Tahapan penelitian yang dilalui dalam penelitian ini yaitu: tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan, dan tahap evaluasi. Instrumen yang digunakan yakni angket, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini sebagai berikut. Pertama, guru dan siswa menghendaki adanya pengembangan media Simba (Situs Mempelajari Bahasa Arab) berbasis Google Sites. Kedua, Prototipe media ini memuat (1) Halaman sampul, yang terdiri dari judul media dan selayang pandang media, (2) halaman panduan, (3) halaman tema yang terdiri dari KI/KD, Kaidah, dan kosakata, dan (4) halaman materi dan evaluasi. Ketiga, penilaian pada aspek media diperoleh total nilai rata-rata 3.63, dan aspek materi diperoleh total nilai rata-rata adalah 3.78. Nilai rekapitulasi seluruh aspek diperoleh total rata-rata 3,73 dengan kategori sangat layak/lsangat sesuai, sehingga dapat digunakan untuk pembelajaran keterampilan membaca siswa kelas VII MTs/SMP. Keempat, perbaikan media Simba (Situs Mempelajari Bahasa Arab) berbasis Google Sites terdiri dari empat aspek: (1) perbaikan aspek kegrafikan, (2) perbaikan aspek kelayakan penyajian, (3) perbaikan aspek kelayakan bahasa dan (4) perbaikan aspek kelayakan isi.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media, Google Sites, Keterampilan Membaca Bahasa Arab |
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1) |
Depositing User: | dwi setyo hastaningsih |
Date Deposited: | 03 Jun 2024 07:56 |
Last Modified: | 03 Jun 2024 07:56 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62774 |
Actions (login required)
View Item |