PENGEMBANGAN BUKU AKTIVITAS KABARMU (KOSAKATA BAHASA ARAB MUDAH) UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA SISWA SMP PLUS DARUL HIKMAH KENDAL


Aisyah Fi Aunillah, 2303419015 (2023) PENGEMBANGAN BUKU AKTIVITAS KABARMU (KOSAKATA BAHASA ARAB MUDAH) UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA SISWA SMP PLUS DARUL HIKMAH KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2303419015 - Aisyah Fi Aunillah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tidak banyak siswa yang sudah mempelajari bahasa Arab dan alokasi waktu KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) yang kurang. Hal ini menyebabkan siswa mengalami kendala belajar yaitu mudah lupa akan kosakata yang sudah pernah dihafalkan. Oleh karena itu, pengembangan buku aktivitas KABARMU (kosakata bahasa Arab mudah) untuk siswa SMP Plus Darul Hikmah sangat dibutuhkan agar penguasaan kosakata bahasa Arab dapat meningkat, sehingga tujuan pembelajaran akan tercapai dengan baik. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini yaitu : (1) bagaimana analisis kebutuhan terhadap buku akivitas KABARMU (kosakata bahasa Arab mudah) untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa SMP Plus Darul Hikmah Kendal, (2) bagaimana Desain Prototipe buku aktivitas KABARMU (kosakata bahasa Arab mudah) untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa SMP Plus Darul Hikmah Kendal, (3) bagaimana Validasi Ahli terhadap buku aktivitas KABARMU (kosakata bahasa Arab mudah) untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa SMP Plus Darul Hikmah Kendal. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantilatif dengan desain penelitian dan pengembangan (Research and Development). Tahapan penelitian yang dilalui dalam penelitian ini hanya sampai tahap empat dari lima tahapan penelitian, yaitu tahap analysis, design, develop, dan evaluate. Hasil penelitian in sebagai berikut. Pertama, guru dan siswa menghendaki adanya pengembangan buku aktivitas KABARMU (kosakata bahasa Arab mudah) untuk meningkatkan kosakata bahasa Arab siswa SMP Plus Darul Hikmah. Kedua, purwarupa metode ini memuat kata pengantar, tadrib 1-14 dengan tema Al-amal, quotes bahasa Arab beserta terjemahannya, dan lembar refleksi siswa. Ketiga, penilaian pada aspek cover buku memperoleh nilai 4,62, dan aspek isi buku memperoleh nilai 4,52. Nilai keseluruhan aspek buku aktivitas adalah 4,57 dengan kategori sangat layak, sehingga dapat digunakan untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa SMP Plus Darul Hikmah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Buku Aktivitas, KABARMU, Kosakata, Bahasa Arab.
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 03 Jun 2024 07:45
Last Modified: 03 Jun 2024 07:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62771

Actions (login required)

View Item View Item