PENGEMBANGAN MEDIA EXPLOSION MAGIC BOX UNTUK PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTS/SMP DI KOTA SEMARANG


Zeni Andani, 2303419001 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA EXPLOSION MAGIC BOX UNTUK PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTS/SMP DI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2303419001_Zeni Andani.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya suatu permasalahan yang ditemukan dalam pembelajaran keterampilan membaca bahasa Arab Kelas VII MTs/SMP. Permasalahan tersebut adalah sebagian siswa masih mengalami kesulitan pada pembelajaran keterampilan membaca bahasa Arab dikarenakan kurangnya perhatian guru terhadap penggunaan media dalam pembelajaran keterampilan membaca bahasa Arab. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini berupaya untuk mengembangkan media pembelajaran Explosion Magic Box untuk menumbuhkan minat dan motivasi belajar siswa serta meningkatkan keterampilan membaca bahasa Arab siswa. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana analisis kebutuhan guru dan siswa terhadap pengembangan media Explosion Magic Box, (2) Bagaimana purwarupa media Explosion Magic Box, (3) Bagaimana validasi ahli dan guru terhadap media Explosion Magic Box. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian mix method/kuantilatif, dan menggunakan desain penelitian Research and Development (R&D) model ADDIE, yang terdiri dari empat tahap yaitu Analyze, Design, Develop, dan Evaluate. Subjek penelitian terdiri dari siswa MTs/SMP di Kota Semarang, guru bahasa Arab, dan ahli media sebagai validator. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari angket, wawancara, dan observasi. Uji keabsahan data menggunakan trianggulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian ini sebagai berikut: Pertama, guru dan siswa menghendaki adanya pengembangan media Explosion Magic Box. Kedua, purwarupa media ini memuat (1) halaman sampul, (2) halaman tema, (3) halaman materi, (4) KI/KD, (5) kosakata, (6) materi bacaan, (7) tata bahasa, (8) evaluasi, (9) petunjuk penggunaan, dan (10) profil pengembang. Ketiga, penilaian aspek isi memperoleh nilai rata-rata 89, aspek penyajian memperoleh nilai rata-rata 89,75, aspek kontekstual memperoleh nilai rata-rata 90, aspek bahasa memperoleh nilai rata-rata 90, dan aspek fisik media memperoleh nilai rata-rata 91. Nilai rata-rata dari keseluruhan aspek kelayakan media adalah 89,89 pada rentang nilai 86-100 mencapai skala 4 dengan kategori sangat layak (sangat sesuai), sehingga dapat digunakan untuk pembelajaran keterampilan membaca bahasa Arab siswa kelas VII MTs/SMP. Perbaikan media Explosion Magic Box untuk pembelajaran keterampilan membaca bahasa Arab dari para ahli dan guru terdiri dari lima aspek: (1) perbaikan aspek isi, (2) perbaikan aspek penyajian, (3) perbaikan aspek penilaian kontekstual, (4) perbaikan aspek bahasa, (5) perbaikan aspek fisik media.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Explosion Magic Box, Keterampilan Membaca Bahasa Arab
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 03 Jun 2024 07:35
Last Modified: 03 Jun 2024 07:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62769

Actions (login required)

View Item View Item