EFEKTIVITAS MEDIA ARABIC TALKING DOLL UNTUK KETERAMPILAN MENYIMAK DAN MENULIS BAHASA ARAB PADA KELAS VIII DI KECAMATAN WONOPRINGGO PEKALONGAN


Saepurrokhman, 2303418049 (2023) EFEKTIVITAS MEDIA ARABIC TALKING DOLL UNTUK KETERAMPILAN MENYIMAK DAN MENULIS BAHASA ARAB PADA KELAS VIII DI KECAMATAN WONOPRINGGO PEKALONGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2303418049 - Saepurrokhman.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan menyimak dan menulis merupakan dua keterampilan yang saling berkaitan, ketika siswa menyimak dengan seksama maka akan mempengaruhi hasil menulis yang baik. Keterampilan menyimak dan menulis pada pembelajaran bahasa Arab pada tingkatan SMP di kecamatan Wonopringgo Pekalongan terbilang masih rendah karena dalam pelaksanaannya guru hanya menggunakan metode ceramah dalam penyampaian materi di dalam kelas. Metode ceramah yang diterapkan oleh guru secara berulang membuat minat belajar siswa menjadi rendah ketertarikan pada materi yang disampaikan oleh guru juga rendah. Oleh karena itu diperlukan adanya pembaharuan yang dapat meningkatkan minat dan keteratrikan siswa dalam pembelajaran salah satunya dengan menggunakan media edukatif yaitu media Arabic Talking Doll Tujuan penelitian ini yaitu : (1) Mendeskripsikan penerapan Penggunaan Media Arabic Talking Doll Untuk Keterampilan Menyimak dan Menulis bahasa Arab Pada Kelas VIII di Kecamatan Wonopringgo, (2) Menganalisis efektivitas Media Arabic Talking Doll Untuk Keterampilan Menyimak dan Menulis Bahasa Arab Pada Kelas VIII di Kecamatan Wonopringgo Jenis dan desain penelitian ini adalah kuantitatif dan desain nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data dengan tes berupa tes tulis sedangkan nontes berupa observasi, angket dan dokumentasi.Teknik asanalisis data yang digunakan yaitu uji hipotesis Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan efektivitas media Arabic Talking Doll untuk keterampilan menyimak dan menulis bahasa Arab efektif digunakan pada kelas VIII di kecamatan Wonopringgo kabupaten Pekalongan. Hal ini dapat dilihat dan dibuktikan pada perolehan hasil nilai rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol, dimana nilai postest kelas eksperimen mengalami peningkatan dari nilai pretest. Hal ini dibuktikan dengan hasil rata-rata nilai kelas eksperimen dan kontrol yang menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan untuk kelas eksperimen jika dibandingkan dengan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Bahasa Arab, Arabic Talking Doll
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 03 Jun 2024 04:03
Last Modified: 03 Jun 2024 04:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62760

Actions (login required)

View Item View Item