PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GOOGLE SLIDE UNTUK KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB SISWA MI/SD ISLAM KELAS V


Muhammad Jalaludin Jafar Sodiq, 2303418003 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GOOGLE SLIDE UNTUK KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB SISWA MI/SD ISLAM KELAS V. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2303418003_M. Jalaludin Jafar Sodiq.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam mata pelajaran bahasa Arab terutama dalam keterampilan menulis bahasa Arab. Hal tersebut dikarenakan guru yang jarang memvariasikan media pembelajaran sehingga siswa tidak memiliki ide untuk meulis, kemudian latihan-latihan yang diberikan oleh guru yang terkesan monoton. Oleh karena itu peneliti mencoba menawarkan solusi dengan mengembangkan media pembelajaran berbasis google slide agar memudahkan siswa untuk belajar menulis bahasa Arab. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yaitu, 1) bagaimana analisis kebutuhan terhadap pengembangan media pembelajaran berbasis google slide untuk keterampilan menulis bahasa Arab siswa MI/SD Islam kelas V, 2) bagaimana prototipe media pembelajaran berbasis google slide untuk keterampilan menulis bahasa Arab siswa MI/SD Islam kelas V, dan 3) bagaimana validasi ahli terhadap desain produk media pembelajaran berbasis google slide untuk keterampilan menulis bahasa Arab siswa MI/SD Islam kelas V. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) hingga tahap kelima yaitu tahap revisi desain. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah melalui observasi, wawancara, angket , dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah sebagai berikut, pertama guru dan siswa menghendaki media pembelajaran google slide dalam meningkatkan keterampilan menulis bahasa Arab dengan materi anggota tubuh, profesi, dan kebun binatang. Kedua prototipe media dengan komponen yang meliputi sampul, kata pengantar, panduan pendampingan, KI/KD, tata bahasa, daftar isi, tema pembelajaran, peta konsep tema pembelajaran, kosakata, halaman aktivitas, halaman berlatih, kata-kata motivasi. Berdasarkan hasil validasi ahli penyajian, ahli bahasa dan guru menunjukkan hasil kesesuaian yaitu aspek kelayakan media dengan skor rata-rata 3,57. Pada aspek kelayakan isi/materi memperoleh skor rata-rata 3,67. Pada aspek kelayakan penyajian memeperoleh nilai rata-rata 3.48. Berdasarkan paparan tersebut, maka dapat diketahui bahwa nilai dari keseluruhan aspek kelayakan media yaitu 3,57. Nilai tersebut pada rentang nilai lebih dari 3,33 sampai kurang dari atau sama dengan 4,00 dengan kategori sangat layak. Dengan demikian, dapat diambil kesimpulan bahwa media pembelajaran berbasis google slide yang peneliti kembangkan sangat layak digunakan untuk siswa MI/SD kelas V guna meningkatkan pembelajaran bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran , Googe slide, Keterampilan Menulis, Bahasa Arab
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 03 Jun 2024 03:56
Last Modified: 03 Jun 2024 03:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62757

Actions (login required)

View Item View Item