PERSEPSI SISWA TERHADAP PENERAPAN VARIASI ICE BREAKING PADA MATA PELAJARAN BAHASA PRANCIS KELAS XI SMA NEGERI 8 SEMARANG


Hanifa Siti Azzahrah, 2301419015 (2023) PERSEPSI SISWA TERHADAP PENERAPAN VARIASI ICE BREAKING PADA MATA PELAJARAN BAHASA PRANCIS KELAS XI SMA NEGERI 8 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2301419015_Hanifa Siti Azzahrah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

SMA Negeri 8 Semarang merupakan salah satu sekolah yang mengajarkan bahasa Prancis. Berdasarkan studi pendahuluan yang telah peneliti lakukan, para siswa merasa bahasa Prancis sulit untuk dipelajari sehingga menyebabkan siswa mudah merasa bosan dan teralihkan konsentrasinya ketika proses pembelajaran berlangsung. Di sekolah tersebut mata pelajaran bahasa Prancis juga diajarkan di siang hari di mana kebanyakan siswa telah terkuras energinya karena telah belajar sedari pagi. Ditambah lagi, guru tidak pernah memberikan kegiatan selingan untuk mengembalikan semangat dan konsentrasi siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti mengajukan solusi yaitu dengan menerapkan ice breaking dan mendeskripsikan persepsi siswa. Persepsi merupakan suatu proses pemikiran dalam diri seseorang yang didapatkan dari hasil penglihatan, pendengaran, penciuman, serta perasaan. Sementara ice breaking dalam suatu pembelajaran merupakan suatu kegiatan berupa permainan yang dilakukan untuk mencairkan suasana, kekakuan fisik, dan memusatkan kembali perhatian peserta. Dengan mengetahui persepsi siswa terhadap penerapan ice breaking, diharapkan guru dapat mengetahui pentingnya melibatkan ice breaking dalam pembelajaran demi terciptanya suasana belajar yang menyenangkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan persepsi siswa terhadap penerapan variasi ice breaking pada mata pelajaran Bahasa Prancis kelas XI SMA Negeri 8 Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Pada penelitian ini terdapat satu variabel yaitu persepsi siswa terhadap penerapan variasi ice breaking pada mata pelajaran Bahasa Prancis. Sampel penelitian ini adalah 35 siswa dari kelas XI IPS 3 SMA Negeri 8 Semarang. Data dikumpulkan melalui angket dengan total 42 pertanyaan yang disusun berdasarkan tujuh indikator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa terhadap penerapan variasi ice breaking pada mata pelajaran Bahasa Prancis kelas XI SMA Negeri 8 Semarang secara keseluruhan mendapatkan skor 4.567. Skor tersebut berada pada rentang kriteria 3.676 – 4777 dan termasuk ke dalam kriteria Baik. Begitu pula dengan hasil persepsi siswa terhadap penerapan variasi ice breaking pada tiap ice breaking dan tiap indikator adalah Baik. Ini berarti pelaksanaan ice breaking sesuai dengan indikator prinsip penerapan ice breaking. Selain itu, dapat dikatakan juga bahwa siswa menerima pelaksanaan kegiatan ice breaking dalam pembelajaran di kelas secara positif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Ice Breaking, Bahasa Prancis
Subjects: P Language and Literature > PU French Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 03 Jun 2024 02:24
Last Modified: 03 Jun 2024 02:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62752

Actions (login required)

View Item View Item