Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Berita Bermuatan Multikultural pada Tempo.co serta Kelayakannya sebagai Sumber Belajar Teks Berita Peserta Didik Kelas VIII MTS NU Banat Kudus
Naufal Labib, 2101419073 (2023) Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Berita Bermuatan Multikultural pada Tempo.co serta Kelayakannya sebagai Sumber Belajar Teks Berita Peserta Didik Kelas VIII MTS NU Banat Kudus. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran teks berita haruslah menggunakan sumber belajar berupa contoh teks berita yang baik dan benar, mulai dari struktur hingga kaidah kebahasaan. Pemilihan topik teks berita yang akan digunakan sebagai sumber belajar juga akan semakin lebih baik jika aktual, dapat diterima kalangan pelajar, dan memuat informasi baru atau yang dibutuhkan terkait nilai-nilai positif yang bisa diperoleh peserta didik. Tidak cukup sampai di situ, pemilihan sumber media berita atau surat kabar yang dijadikan rujukan mencari teks berita untuk sumber belajar juga harus media jurnalistik yang terpercaya, kredibel, dan layak atau bisa dikatakan sebagai media berita profesional. Namun kenyataannya, masih ditemukan ketidakmaksimalan penggunaan sumber belajar untuk mendukung pembelajaran teks berita. Surat kabar daring adalah salah satu opsi sumber belajar yang dapat digunakan pendidik, lebih lagi di era serba digital seperti saat ini. Salah satu surat kabar daring adalah Tempo.co. Laman surat kabar daring ini merupakan media pers profesional dan menyediakan banyak sekali topik teks berita. Penelitian ini fokus meneliti struktur teks, kaidah kebahasaan, dan muatan multikultural teks berita pada laman surat kabar daring Tempo.co untuk digunakan sebagai alternatif sumber belajar teks berita kelas VIII MTS NU Banat Kudus. Tujuan pelaksanaan penelitian ini adalah untuk 1) mendeskripsikan struktur dan kaidah kebahasaan teks berita di laman Tempo.co, 2) mendeskripsikan muatan multikultural dalam teks berita di laman Tempo.co, dan 3) mendeskripsikan kelayakan struktur, kaidah kebahasaan, dan unsur multikultural teks berita di laman Tempo.co sebagai sumber belajar teks berita bagi peserta didik kelas VIII MTS NU Banat Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan teoretis dan metodologis berupa teori struktur teks berita, kaidah kebahasaan teks berita, teori multikultural, dan sumber belajar, serta pendekatan metodologis berupa metode kualitatif. Adapun data yang digunakan dalam penelitian ini berupa tujuh berita yang dimuat Tempo.co terbitan Februari 2022 sampai dengan Januari 2023 yang diduga bermuatan multikultural. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan secara observasi, dokumentasi, serta simak dan catat. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dan rubrik analisis. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, begitu pula untuk uraian datanya. Teknik keabsahan data dalam penelitian ini adalah derajat kepercayaan (credibility), keteralihan (transferability), kebergantungan (dependability), dan kepastian (confirmability). viii Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tujuh data teks berita yang digunakan dalam penelitian ini memiliki struktur teks lengkap (memuat judul, teras berita, tubuh berita, dan ekor berita). Kemudian untuk hasil analisis kaidah kebahasaan, tujuh data teks berita juga lengkap berdasarkan kaidah kebahasaan (memuat penggunaan bahasa baku, keterangan waktu, keterangan tempat, kalimat langsung, kalimat tak langsung, kata kerja mental, konjungsi bahwa, dan konjungsi temporal). Tujuh data teks berita yang dianalisis menunjukkan bahwa seluruhnya bermuatan multikultural, dengan aspek muatan yaitu, (1) data 1, peraturan yang dijalankan dan latar belakang sosial; (2) data 2, latar belakang sosial, tradisi, dan kebudayaan; (3) data 3, organisasi yang diikuti dan kebiasaan yang dilakukan; (4) data 4, organisasi yang diikuti dan latar belakang sosial, (5) data 5, tradisi dan kebudayaan; (6) data 6, tradisi dan latar belakang sosial; (7) data 7, latar belakang sosial dan kebudayaan. Saran penelitian ini bagi pendidik adalah hasil penelitian ini dapat dimanfaatkann sebagai referensi baru dalam menyeleksi sumber belajar teks berita bagi peserta didik kelas VIII. Kemudian bagi peserta didik, data teks berita Tempo.co yang telah disimpulkan layak hendaknya dapat dijadikan sebagai sumber belajar teks berita. Terakhir, bagi peneliti lain adalah hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi untuk mengembangan penelitian yang relevan dengan topik penelitian ini, yaitu struktur teks, kaidah kebahasaan, serta muatan di dalam teks berita sebagai sumber belajar.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | teks berita, struktur teks, kaidah kebahasaan, multikultural, sumber belajar |
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | dwi setyo hastaningsih |
Date Deposited: | 07 May 2024 07:23 |
Last Modified: | 07 May 2024 07:23 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62675 |
Actions (login required)
View Item |