PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN BIOGRAFI TOKOH ISLAM KABUPATEN PATI BERMUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DIMENSI BERKEBINEKAAN GLOBAL BAGI SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS
Eva Wulandari, 2101419027 (2023) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN BIOGRAFI TOKOH ISLAM KABUPATEN PATI BERMUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DIMENSI BERKEBINEKAAN GLOBAL BAGI SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (12MB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan yang baik ialah pendidikan yang dapat menjadikan tujuan sebagai tonggak utama dalam pelaksanaannya. Tercapainya tujuan pendidikan tidak lepas dari komponen-komponen yang telah memenuhi fungsinya secara optimal. Saat ini, masih banyak ditemukan pola pembelajaran yang terbilang pasif dan kurang memperhatikan komposisinya secara maksimal. Media belajar merupakan salah satu sarana yang dapat menumbuhkan semangat peserta didik. Buku merupakan media serta bahan belajar siswa yang efisien dan dapat memenuhi kebutuhan siswa dalam memahami materi. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa buku adalah media belajar peserta didik yang dapat menunjang pengetahuan dan keterampilan dalam mewujudkan suatu tujuan pendidikan. Demi mewujudkan peserta didik Indonesia yang berkebinekaan global, buku pengayaan harus memuat beberapa nilai-nilai pendukung sebagai penguatan karakter. Peserta didik diharapkan dapat memahami isi dari teks biografi sebagai sarana untuk memelihara kebudayaan Islam melalui tokoh Islam di Kabupaten Pati. Teks biografi tersebut dapat menguatkan rasa toleransi yang kuat sebagai umat beragama. Kebinekaan yang global adalah sebuah rasa toleransi terhadap majemuknya suku, budaya, dan bahasa sehingga tercipta saling menghargai satu sama lain. Buku pengayaan biografi tokoh dengan suguhan muatan profil pelajar pancasila dimensi berkebinekaan global dirasa perlu untuk menunjang peserta didik agar lebih menguasai dan mengimplementasikan sebuah materi. Berkebinekaan global merupakan salah satu ciri karakter pelajar pancasila. Penelitian ini memiliki tujuan untuk: (1) mendeskripsikan hasil kebutuhan pendidik dan peserta didik terhadap buku pengayaan biografi tokoh Islam Kabupaten Pati bermuatan profil pelajar pancasila dimensi berkebinekaan global, (2) menjelaskan prinsip pengembangan buku pengayaan biografi tokoh Islam Kabupaten Pati bermuatan profil pelajar pancasila dimensi berkebinekaan global bagi siswa Sekolah Menengah Atas, (3) menyusun prototipe buku pengayaan biografi tokoh Islam Kabupaten Pati bermuatan profil pelajar pancasila dimensi berkebinekaan global yang dibutuhkan pendidik dan peserta didik, (4) mendeskripsikan penilaian ahli terhadap buku pengayaan biografi tokoh Islam Kabupaten Pati bermuatan profil pelajar pancasila dimensi berkebinekaan global, (5) melakukan perbaikan prototipe buku pengayaan biografi tokoh Islam Kabupaten Pati bermuatan profil pelajar pancasila dimensi berkebinekaan global berdasarkan penilaian ahli. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) yang kemudian disesuaikan dengan kebutuhan peneliti. Kebutuhan peneliti meliputi lima tahapan yaitu: (1) pengumpulan potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, dan (5) revisi desain. Sumber data penelitian adalah peserta didik dan pendidik Sekolah Menegah Atas vi (SMA). Pengumpulan data menggunakan teknik studi pustaka, wawancara, angket kebutuhan terhadap peserta didik dan pendidik, dan angket validasi prototipe. Teknik validasi data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi metode, dan triangulasi waktu. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif yaitu pemaparan dan simpulan data. Penelitian yang dilakukan memperoleh hasil dari data yang dikumpulkan. Perolehan data tersebut mengenai kebutuhan buku pengayaan biografi tokoh Islam Kabupaten Pati bermuatan profil pelajar pancasila dimensi berkebinekaan global yang disesuaikan dengan pendidik dan peserta didik. Kriteria buku pengayaan biografi tokoh Islam Kabupaten Pati bermuatan dimensi berkebinekaan global yang dibutuhkan oleh pendidik dan peserta didik meliputi beberapa aspek, yakni (1) aspek materi atau isi, (2) aspek penyajian, (3) aspek bahasa dan keterbacaan, dan (4) aspek grafika. Buku pengayaan biografi tokoh Islam Kabupaten Pati bermuatan profil pelajar pancasila dimensi berkebinekaan global dilakukan oleh dua validator ahli yang diperoleh pada setiap aspek sebagai berikut: aspek materi atau isi memperoleh nilai rata-rata 77,08%, aspek penyajian memperoleh nilai dengan rata-rata 81,25%, aspek bahasa dan keterbacaan memperoleh nilai rata-rata 87,5%, aspek grafika memperoleh nilai rata-rata 81,25%. Buku pengayaan biografi tokoh Islam Kabupaten Pati juga mendapatkan beberapa saran dan perbaikan dari validator ahli. Perbikan tersebut berdasar pada saran dan masukan dari pakar/dosen ahli uji yang meliputi, (1) aspek materi atau isi, memilih kembali ilustrasi yang sesuai dengan bacaan, mengurangi kuantitas materi pada buku, ditambahkannya langkah-langkah penemuan nilai yang termuat pada buku; (2) aspek penyajian buku, judul pada sampul depan buku tidak perlu ditik miring, keterangan pada sampul belakang dijadikan satu paragraf, pembetulan sajian refleksi pada buku; (3) aspek bahasa dan keterbacaan, kalimat pada refleksi menggunakan kalimat induktif, awal paragraf sebaiknya tidak menggunakan nama ahli; (4) aspek grafika, pengubahan font pada sampul depan buku agar lebih menarik. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, peneliti memberikan saran terhadap buku pengayaan biografi tokoh Islam Kabupaten Pati bermuatan profil pelajar pancasila dimensi berkebinekaan global. Adapun saran yang disampaikan berikut ini: Buku pengayaan biografi tokoh Islam Kabupaten Pati bermuatan profil pelajar pancasila dimensi berkebinekaan global sebaiknya digunakan sebagai media penunjang pada pembelajaran maupun sarana literasi umum. Pada penelitian ini, terdapat beberapa kekurangan yang nantinya dapat dilengkapi dan disempurnakan. Oleh karena itu, peneliti mengharapkan penelitian ini dapat dilanjutkan kedepannya agar memperoleh hasil yang lebih maksimal serta mencakup kebutuhan masyarakat yang lebih luas.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | buku pengayaan, biografi tokoh, dimensi berkebinekaan global |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | dwi setyo hastaningsih |
Date Deposited: | 07 May 2024 07:15 |
Last Modified: | 07 May 2024 07:15 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62674 |
Actions (login required)
View Item |