PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENULIS CERPEN BERMUATAN NILAI GOTONG ROYONG BAGI PESERTA DIDIK SMP
Shiva Pradita Aji, 2101419024 (2023) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENULIS CERPEN BERMUATAN NILAI GOTONG ROYONG BAGI PESERTA DIDIK SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran menulis cerpen di SMP masih memerlukan materi pendamping buku teks berupa buku pengayaan. Dengan buku pengayaan, peserta didik diharapkan mengusasi teori menulis cerpen dan terampil menulis cerpen. Buku pengayaan dimuati nilai gotong royong untuk menwujudkan Profil Pelajar Pancasila. Tujuan penelitian meliputu, (1) mendeskripsikan kebutuhan pengembangan buku pengayaan menulis cerpen, (2) mendeskripsikan kriteria pengembangan buku pengayaan menulis cerpen, (3) mendeskripsikan prototipe buku pengayaan menulis cerpen, (4) mendeskripsikan hasil validasi prototipe buku pengayaan menulis cerpen, dan (5) mendeskripsikan hasil perbaikan produk buku pengayaan menulis cerpen. Penelitian ini menggunakan desain penelitian reseach and developmeny yang dikembangkan oleh Sugiyono, yaitu (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, dan (5) revisi desain. Penelitian ini menggunakan teknik kuisioner untuk mengumpulkan data kebutuhan dan data validasi. Analisis data penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian meliputi (1) peserta didik dan pendidik membutuhkan buku pengayaan menulis cerpen sebagai alternatif sumber belajar; (2) kriteria pengembangan buku pengayaan menulis cerpen, meliputi aspek materi yang lengkap dan sesuai, aspek penyajian yang runtut dan baru, aspek bahasa dan keterbacaan yang mudah, sesuai, komunikatif, dan baku, aspek grafika yang sesuai dan menarik; (3) prototipe buku terdiri atas beberapa bagian, yaitu kulit buku, bagian awal, bagian materi atau isi, dan bagian akhir buku; (4) presentase nilai aspek penyajian materi buku memperoleh rata-rata nilai 97,5%, aspek penyajian materi memperoleh rata-rata 96,83%, aspek kebahasaan memperoleh rata-rata nilai 96,87%, aspek kegrafikaan memperoleh rata-rata 9,75%, dan kelengkapan buku memperoleh hasil penilaian rata-rata 100%,; (5) perbaikan prototipe buku pengayaan menulis cerpen dilakukan pada aspek penyajian materi, aspek kebahasaan, dan aspek grafika. Saran kepada pendidik dan peserta didik agar menggunakan buku pengayaan menulis cerpen yang dikembangkan sebagai sumber belajar menulis cerpen dan peneliti bidang bahasa Indonesia perlu melakukan penelitian lanjutan untuk menguji keefektifan buku pengayaan ini.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | buku pengayaan, cerpen, nilai gotong royong |
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | dwi setyo hastaningsih |
Date Deposited: | 07 May 2024 04:36 |
Last Modified: | 07 May 2024 04:36 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62672 |
Actions (login required)
View Item |