REPRESENTASI KOMPETENSI ABAD 21 PADA KEBAHASAAN PENYAJIAN MATERI AJAR BERBASIS TEKS DALAM BUKU SISWA KELAS X KURIKULUM MERDEKA
Eva Mawaddatunnisa, 2101417008 (2023) REPRESENTASI KOMPETENSI ABAD 21 PADA KEBAHASAAN PENYAJIAN MATERI AJAR BERBASIS TEKS DALAM BUKU SISWA KELAS X KURIKULUM MERDEKA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Kompetensi abad 21 sangat diperlukan oleh anak – anak bangsa untuk membentuk sumber daya manusia yang berkualitas, dan unggul serta dapat bersaing secara global. Sumber daya manusia yang unggul dan berkualitas dapat dibentuk dengan menanamkan nilai – nilai kompetensi abad 21 pada siswa. Kompetensi yang diperlukan pada abad 21, meliputi kompetensi berpikir kreatif (creative thinking), berpikir kritis dan pemecahan masalah (critical thinking and problem solving), komunikasi (communication), dan kolaborasi (collaboration) (Kemendikbud, 2017). Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengenalkan kompetensi abad 21 kepada siswa yaitu dengan memasukkan muatan kompetensi abad 21 dalam materi ajar. Tujuan penelitian ini, yaitu (1) representasi kebahasaan penyajian materi ajar teks eksposisi, teks laporan hasil observasi, dan teks anekdot kompetensi berpikir kritis dan pemecahan masalah dalam buku siswa kelas X kurikulum merdeka, (2) representasi kebahasaan penyajian materi ajar teks eksposisi, teks laporan hasil observasi, dan teks anekdot kompetensi kreatif dan inovatif dalam buku siswa kelas X kurikulum merdeka. (3) representasi kebahasaan penyajian materi ajar teks eksposisi, teks laporan hasil observasi, dan teks anekdot kompetensi kolaborasi dalam buku siswa kelas X kurikulum merdeka, dan (4) representasi kebahasaan penyajian materi ajar teks eksposisi, teks laporan hasil observasi, dan teks anekdot kompetensi komunikasi dalam buku siswa kelas X kurikulum merdeka. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Data penelitian ini yaitu penggalan kebahasaan penyajian materi teks eksposisi, teks laporan hasil observasi, dan teks anekdot yang diduga merepresentasikan kompetensi abad 21 dalam buku siswa kelas X kurikulum merdeka. Adapun sumber data penelitian ini yaitu kebahasaan penyajian materi ajar berbasis teks dalam buku siswa kelas X kurikulum merdeka. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi tidak berstruktur dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif. Penyajian hasil analisis data menggunakan teknik informal. Hasil dari penelitian ini, yaitu (1) kompetensi berpikir kritis dan pemecahan masalah, representasi dari kebahasaan penyajian materi ajar teks eksposisi dan teks anekdot memiliki skala masing – masing 3 (tiga), sedangkan teks laporan hasil observasi memiliki skala 4 (empat) dengan rincian teks eksposisi memuat 3 (tiga) komponen, teks laporan hasil observasi memuat 6 (enam) komponen, dan teks anekdot memuat 4 (empat) komponen; (2) kompetensi kreatif dan inovatif, representasi dari kebahasaan penyajian materi ajar teks eksposisi, dan teks anekdot memiliki skala masing – masing 2 (dua), sedangkan teks laporan hasil vii observasi memiliki skala 3 (tiga) dengan rincian teks eksposisi dan teks anekdot memuat 2 (dua) komponen, sedangkan teks laporan hasil observasi memuat 3 (tiga) komponen; (3) kompetensi kolaborasi, representasi dari kebahasaan penyajian materi teks eksposisi memiliki skala 2 (dua), teks laporan hasil observasi memiliki skala 3 (tiga), dan teks anekdot memiliki skala 4 (empat) dengan rincian teks eksposisi memuat 1 (satu) komponen, teks laporan hasil observasi memuat 2 (dua) komponen, dan teks anekdot memuat 3 (tiga) komponen; dan (4) kompetensi komunikasi, representasi dari kebahasaan penyajian materi ajar teks eksposisi dan teks anekdot memiliki skala 2 (dua), sedangkan teks laporan hasil observasi memiliki skala 3 (tiga), dengan rincian teks eksposisi memuat 1 (satu) komponen, teks laporan hasil observasi memuat 3 (tiga) komponen, dan teks anekdot memuat 2 (dua) komponen. Saran dari peneliti, yaitu (1) bagi guru yang akan melaksanakan pembelajaran, sebaiknya guru menganalisis terlebih dahulu kompetensi pada kebahasaan penyajian dalam materi yang akan diajarkan, supaya guru dapat memilih sumber belajar yang sesuai dan merepresentasikan kompetensi yang dibutuhkan siswa; (2) bagi penulis buku teks, sebaiknya lebih cermat dalam merepresentasikan kompetensi abad 21 dalam kebahasaan penyajian materi dan kegiatan pembelajaran. Pada cetakan selanjutnya, diharapkan kebahasaan penyajian materi maupun kegiatan pembelajaran dapat mencakup lebih banyak komponen dari kompetensi abad 21, supaya setiap kompetensi dapat sepenuhnya terpenuhi dengan baik dalam buku teks; dan (3) peneliti selanjutnya, sebaiknya dapat menganalisis kompetensi abad 21 pada kebahasaan penyajian materi berbasis teks lainnya dalam buku siswa tersebut, supaya dapat teridentifikasi kompetensi abad 21 lainnya.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kurikulum merdeka; buku teks bahasa Indonesia; kompetensi abad 21; eksposisi, laporan hasil observasi, anekdot. |
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | dwi setyo hastaningsih |
Date Deposited: | 07 May 2024 02:51 |
Last Modified: | 07 May 2024 02:51 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62663 |
Actions (login required)
View Item |