PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN, IKLIM KELAS, DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI


Puji Lestari, 7101418133 (2022) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN, IKLIM KELAS, DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of SKRIPSI] PDF (SKRIPSI)
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Motivasi belajar mahasiswa adalah sebuah dorongan yang ada pada diri mahasiswa yang dapat memberikan kekuatan dan mengarahkan aktivitas belajar untuk melakukan suatu usaha dalam mencapai tujuan pembelajaran. Berdasarkan data hasil studi pendahuluan mengenai motivasi belajar mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang masih rendah sehingga perlu dilakukan peningkatan motivasi belajar mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh media pembelajaran, iklim kelas, dan lingkungan belajar terhadap motivasi belajar mahasiswa Pendidikan Ekonomi. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakltas Ekonomi Universitas Negeri Semarang angkatan 2019 yang berjumlah 349 mahasiswa. Berdasarkan populasi tersebut diambil 186 mahasiswa yang dijadikan sampel menggunakan rumus Slovin dengan teknik Area Proportional Random Sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara media pembelajaran, iklim kelas, dan lingkungan belajar terhadap motivasi belajar mahasiswa Pendidikan Ekonomi sebesar 71,5%, (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara media pembelajaran terhadap motivasi belajar mahasiswa Pendidikan Ekonomi sebesar 63,2%, (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara iklim kelas terhadap motivasi belajar mahasiswa Pendidikan Ekonomi sebesar 64,6%, (4) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan belajar terhadap motivasi belajar mahasiswa Pendidikan Ekonomi sebesar 59,7%. Simpulan penelitian bahwa media pembelajaran, iklim kelas, dan lingkungan belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar mahasiswa Pendidikan Ekonomi. Saran dari penelit ian ini mahasiswa hendaknya memanfaatkan fasilitas wifi free di lingkungan kampus untuk kegiatan pembelajaran, sedangkan ketika di luar kampus kebutuhan internet menjadi tanggung jawab pribadi. Bagi pengampu mata kuliah ketika memberikan tugas hendaknya dijelaskan terkait proses pengerjaannya. Bagi mahasiswa yang kurang mampu dapat memanfaatkan fasilitas beasiswa yang diberikan pemerintah dan beasiswa yang diberikan kampus yang dituju.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Iklim Kelas, Lingkungan Belajar, Motivasi Belajar Mahasiswa.
Subjects: L Education > L Education (General) > motivation to learn
Fakultas: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 29 Apr 2024 08:10
Last Modified: 29 Apr 2024 08:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62629

Actions (login required)

View Item View Item