PENGARUH KOMPETENSI PEGAWAI, FASILITAS KERJA, DAN BUDAYA KERJA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI PERPUSTAKAAN SMK PERINTIS 29 UNGARAN
Dona Dau Sukmawati, 7101418112 (2023) PENGARUH KOMPETENSI PEGAWAI, FASILITAS KERJA, DAN BUDAYA KERJA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI PERPUSTAKAAN SMK PERINTIS 29 UNGARAN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF (SKRIPSI)
Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Pelayanan merupakan kunci keberhasilan dalam berbagai kegiatan pelayanan. Suatu layanan dikatakan berhasil jika perpustakaan memiliki banyak pengunjung dan pengguna yang memanfaatkan fasilitas dan sumber daya yang disediakan serta bergantung pada pelaksana yang melakukan kegiatan layanan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kompetensi pegawai, fasilitas kerja, dan budaya kerja terhadap kualitas pelayanan di Perpustakaan SMK Perintis 29 Ungaran. Populasi penelitian ini adalah siswa SMK Perintis 29 Ungaran. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik simple random sampling dan jumlah responden sebanyak 105 siswa. Terdapat empat variabel yang diteliti dalam penelitian ini yaitu kompetensi pegawai (X1), fasilitas kerja (X2), budaya kerja (X3), dan kualitas pelayanan (Y). Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda yang dihitung dengan SPSS diperoleh Y = 3.769+ 0,386X1 + 0,671X2 + 0,495X3 + e. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel kompetensi pegawai, fasilitas kerja, dan budaya kerja terhadap kualitas pelayanan sebesar 67,5%. Variabel yang paling besar pengaruhnya terhadap kualitas pelayanan yaitu variabel kompetensi pegawai sebesar 66,6%, variabel fasilitas kerja berpengaruh sebesar 58,6%, sedangkan variabel budaya kerja memiliki pengaruh terhadap kualitas pelayanan sebesar 62,3%. Simpulan dari penelitian ini adalah pelayanan di perpustakaan SMK Perintis 29 Ungaran masih rendah maka saran dari peneliti sebagai berikut : (1) Bagi peneliti selanjutnya, penelitian ini memberikan informasi bahwa kompetensi pegawai, fasilitas kerja, dan budaya kerja mempengaruhi kualitas pelayanan perpustakaan. Oleh sebab itu, diharapkan dalam penelitian selanjutnya dapat menyempurnakan hasil penelitian ini dengan cara menambah variabel-variabel lain yang mempengaruhi kualitas pelayanan perpustakaan. (2) Bagi siswa, siswa diharapkan mempu meningkatkan pemanfaatan perpustakaan dengan menggunakan berbagai pelayanan yang tersedia di perpustakaan sekolah karena dengan memaksimalkan bahan pustaka yang tersedia di perpustakaan sekolah akan memberikan wawasan kepada siswa sehingga itu akan memberikan hasil belajar yang baik bagi siswa. (3) Bagi sekolah, pihak sekolah hendaknya selalu meningkatkan kualitas pelayanan agar siswa lebih antusias dalam memanfaatkan fasilitas perpustakaan. Selain itu sekolah hendaknya juga dapat menciptakan suasana yang nyaman didalam ruang perpustakaan agar siswa gemar mengunjungi ruang perpustakaan. Sehingga menunjang proses belajar mengajar siswa dan peningkatan pemanfaatan perpustakaan. Pelayanan merupakan kunci keberhasilan dalam berbagai kegiatan pelayanan. Suatu layanan dikatakan berhasil jika perpustakaan memiliki banyak pengunjung dan pengguna yang memanfaatkan fasilitas dan sumber daya yang disediakan serta bergantung pada pelaksana yang melakukan kegiatan layanan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kompetensi pegawai, fasilitas kerja, dan budaya kerja terhadap kualitas pelayanan di Perpustakaan SMK Perintis 29 Ungaran. Populasi penelitian ini adalah siswa SMK Perintis 29 Ungaran. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik simple random sampling dan jumlah responden sebanyak 105 siswa. Terdapat empat variabel yang diteliti dalam penelitian ini yaitu kompetensi pegawai (X1), fasilitas kerja (X2), budaya kerja (X3), dan kualitas pelayanan (Y). Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda yang dihitung dengan SPSS diperoleh Y = 3.769+ 0,386X1 + 0,671X2 + 0,495X3 + e. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel kompetensi pegawai, fasilitas kerja, dan budaya kerja terhadap kualitas pelayanan sebesar 67,5%. Variabel yang paling besar pengaruhnya terhadap kualitas pelayanan yaitu variabel kompetensi pegawai sebesar 66,6%, variabel fasilitas kerja berpengaruh sebesar 58,6%, sedangkan variabel budaya kerja memiliki pengaruh terhadap kualitas pelayanan sebesar 62,3%. Simpulan dari penelitian ini adalah pelayanan di perpustakaan SMK Perintis 29 Ungaran masih rendah maka saran dari peneliti sebagai berikut : (1) Bagi peneliti selanjutnya, penelitian ini memberikan informasi bahwa kompetensi pegawai, fasilitas kerja, dan budaya kerja mempengaruhi kualitas pelayanan perpustakaan. Oleh sebab itu, diharapkan dalam penelitian selanjutnya dapat menyempurnakan hasil penelitian ini dengan cara menambah variabel-variabel lain yang mempengaruhi kualitas pelayanan perpustakaan. (2) Bagi siswa, siswa diharapkan mempu meningkatkan pemanfaatan perpustakaan dengan menggunakan berbagai pelayanan yang tersedia di perpustakaan sekolah karena dengan memaksimalkan bahan pustaka yang tersedia di perpustakaan sekolah akan memberikan wawasan kepada siswa sehingga itu akan memberikan hasil belajar yang baik bagi siswa. (3) Bagi sekolah, pihak sekolah hendaknya selalu meningkatkan kualitas pelayanan agar siswa lebih antusias dalam memanfaatkan fasilitas perpustakaan. Selain itu sekolah hendaknya juga dapat menciptakan suasana yang nyaman didalam ruang perpustakaan agar siswa gemar mengunjungi ruang perpustakaan. Sehingga menunjang proses belajar mengajar siswa dan peningkatan pemanfaatan perpustakaan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pelayanan, Kompetensi Pegawai, Fasilitas Kerja, Budaya Kerja |
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 29 Apr 2024 08:01 |
Last Modified: | 29 Apr 2024 08:01 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62628 |
Actions (login required)
View Item |