PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAKE AND GIVE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK SMP NEGERI 27 SEMARANG


Amirudin Fahry, 3601418030 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAKE AND GIVE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK SMP NEGERI 27 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of skripsi] PDF (skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian didasari oleh temuan dilapangan yang dilakukan oleh peneliti di SMP Negeri 27 Semarang ditemukan faktor penyebab kurang maksimalnya hasil belajar IPS peserta didik yaitu model pembelajaran yang tidak bervariatif dengan guru hanya menggunakan metode ceramah sehingga peserta didik tidak mampu mengolah dan memahami materi yang diberikan dengan maksimal. Hal ini juga mempengaruhi hasil belajar peserta didik tidak maksimal dibuktikan dengan hasil PAS IPS kelas VIII SMP Negeri 27 Semarang memiliki persentase mencapai atau di atas Kriteria Ketuntasan Minimal hanya sebesar 53% berdasarkan nilai PAS IPS semester ganjil. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian terdiri dari uji instrument tes, uji independent test, dan analisis indeks gain. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh model pembelajaran tipe take and give terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 27 Semarang. dibuktikan dengan hasil uji independent t-test yang diambil dari hasil posttest kelas eksperimen sebesar t hitung -10,03 dan t tabel 0,683 dengan signifikansi 0,05. Kemudian, perbedaan hasil belajar yang ditemukan diuji dengan uji n-gain yang menghasilkan n-gain score kelas eksperimen sebesar 0,44 yang masuk ke dalam interval 0,3 ≤ N-gain < 0.7 dan kriteria sedang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Take and Give dan Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 26 Apr 2024 03:27
Last Modified: 26 Apr 2024 03:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62614

Actions (login required)

View Item View Item