KKNI Curriculum Management and Lecturer Competence in Increasing Achievement of Learning Outcomes (LO) Through Graduate Interests (Research in the Physics Education Study Program UIN Raden Fatah Palembang)


Muhammad Jhoni, 0101620018 (2024) KKNI Curriculum Management and Lecturer Competence in Increasing Achievement of Learning Outcomes (LO) Through Graduate Interests (Research in the Physics Education Study Program UIN Raden Fatah Palembang). Doctoral thesis, UNNES.

[thumbnail of draft Disertasi7-1-10.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (193kB) | Request a copy
[thumbnail of 1917-Article Text-3902-1-10-20230922 (1).pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (274kB) | Request a copy
[thumbnail of Serti Pemakalah SEMNAS UNNES.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (351kB) | Request a copy
[thumbnail of draft Disertasi 6.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Draf Disertasi Fiks Lengkap.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan ketidaksesuaian learning outcomes kurikulum KKNI dengan tuntutan dunia kerja. Tujuan Penelitian 1)menganalisis pengaruh manajemen kurikulum KKNI terhadap learning outcomes, 2)menganalisis pengaruh kompetensi dosen terhadap learning outcomes, 3)menganalisis pengaruh manajemen kurikulum KKNI terhadap learning outcomes melalui minat lulusan, 4)menganalisis pengaruh kompetensi dosen terhadap learning outcomes melalui minat lulusan, 5)menganalisis minat lulusan terhadap learning outcomes, 6) menganalisis pengaruh tidak langsung manajemen kurikulum terhadap learning outcomes, 7) menganalisis pengaruh tidak langsung kompetensi dosen terhadap learning outcomes lulusan. Metode penelitian adalah kuantitatif. Populasi sebanyak 250 orang dan Sampel 210 responden menggunakan teknik Slovin Formula. Variabel penelitian terdiri dari manajemen kurikulum (dimensi Perencanaan, Implementasi, dan Evaluasi), kompetensi dosen (Dimensi Profesional, Pedagoggy, Sosial dan Kepribadian), minat lulusan, dan learning outcomes. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan 80 item pernytaan pendapat dari para lulusan dan dianalisis menggunakan Smart PLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan: terdapat pengaruh yang signifikan antara manajemen kurikulum dengan ketercapaian learning outcomes dengan nilai t statistik (2,638) lebih besar dari nilai t tabel (1,96) pada tingkat signifikansi 5%, terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi dosen dengan ketercapaian learning outcomes dengan nilai t statistik (1,925) lebih besar dari nilai t tabel (1,96) pada tingkat signifikansi 5%, tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara manajemen kurikulum dengan ketercapaian learning outcomes melalui minat lulusan dengan t statistik (1,013) lebih kecil dari nilai t tabel (1,96) pada tingkat signifikansi 5%, terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi dosen dengan ketercapaian learning outcomes melalui minat lulusan dengan nilai t statistik (2,155) lebih besar dari nilai t tabel (1,96) pada tingkat signifikansi 5%, terdapat pengaruh yang signifikan antara minat lulusan dengan ketercapaian learning outcomes dengan nilai t statistik (2,048) lebih besar dari nilai t tabel (1,96) pada tingkat signifikansi 5%. Simpulannya semakin baik mananjemen kurikulum, semakin baik pula ketercapaian learning outcomes, semakin baik kompetensi dosen maka semakin baik pula ketercapaian learning outcomes, semakin baik mananjemen kurikulum maka semakin baik pula ketercapaian learning outcomes secara langsung, namun semakin baik manajemen kurikulum, tidak semakin baik minat lulusan dalam memilih prodi pendidikan fisika UIN Raden Fatah Palembang, semakin baik kompetensi dosen secara langsung dan tidak langsung, semakin baik pula ketercapaian learning outcomes lulusan, semakin baik minat lulusan dalam memilih prodi pendidikan fisika UIN Raden Fatah Palembang maka semakin baik pula ketercapaian learning outcomes. Hasil Penelitian ini menyarankan agar melakukan wawancara PMB berdasarkan minat mahasiswa, pembuatan pedoman terkait manajemen kurikulum dan kompetensi dosen untuk Program Studi Pendidikan Fisika di UIN Raden Fatah Palembang, serta melibatkan pemangku kepentingan, termasuk mahasiswa dan alumni, dalam proses perencanaan, implementasi, dan evaluasi kurikulum untuk memastikan kepentingan mereka tercermin dalam peningkatan proses pendidikan.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kurikulum, Kompetensi Dosen, Learning outcomes, Minat Lulusan
Subjects: L Education > Educational Institutions
Fakultas: Pasca Sarjana > Manajemen Kependidikan S3
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 24 Apr 2024 04:52
Last Modified: 04 Jul 2024 07:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62514

Actions (login required)

View Item View Item