KESIAPAN GURU SEJARAH SMA NEGERI I ROWOSARI DALAM PROSES PEMBELAJARAN SEJARAH SEMESTER GENAP 2022/2023


Reny Rahmanita, 3101415052 (2023) KESIAPAN GURU SEJARAH SMA NEGERI I ROWOSARI DALAM PROSES PEMBELAJARAN SEJARAH SEMESTER GENAP 2022/2023. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of SKRIPSI] PDF (SKRIPSI)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Proses pembelajaran adalah suatu langkah pelaksanaan yang di dalamnya tedapat kegiatan interaksi antara guru dengan siswa dan komunikasi timbal balik yang berlangsung dalam situasi edukatif untuk mencapai tujuan belajar. Karena pada dasarnya proses belajar mengajar adalah proses komunikasi dimana guru sebagai pengirim pesan dalam hal ini pesan yang dikirimkan berupa isi atau materi pelajaran dan peserta didik sebagai penerima pesan. Akan tetapi, dalam proses komunikasi ini ada kalanya terjadi hambatan, bisa saja pesan yang diterima tidak sesuai dengan pesan yang disampaikan. Maka dari itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesiapan guru dan faktor pendukung serta hambatan di SMA N 1 Rowosari. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif, karena peneliti ingin mendeskripsikan suatu fenomena sesuai dengan keadaan yang sebenarnya dialami di SMA N 1 Rowosari. Hasil penelitian yang diperoleh dari penelitian adalah bahwa kesiapan guru dalam menyusun atau membuat RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) dapat dikatakan Cukup Siap. Dalam menyusun RPP dapat dikualifikasikan cukup baik, guru sudah memahami komponen RPP menurut kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka. Hasil penyusunan RPP yang dibuat oleh guru sejarah dikatakan sangat siap karena sesuai dengan komponen RPP yang telah disusun dalam pembelajaran mulai dari kegiatan pendahuluan dan kegiatan penutup. Faktor Pendukung dan Penghambat dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran sejarah didukung oleh sarana prasarana seperti buku-buku yang terdapat di perpustakaan, LCD, dan alat peraga yang dibuat oleh guru sejarah itu sendiri untuk mendukung pembelajaran sejarah, walaupun masih terdapat kekurangan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpukan bahwa penelitian ini kesiapan guru sejarah di SMA N 1 Rowosari cukup siap dalam perencanaan, pelakasanaan, dan evaluasi pembelajaran sejarah dan ditemukan faktor pendukung dan hambatan serta upaya-upaya yang dilakukan untuk mengurai kendala tersebut.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kesiapan Guru, Pembelajaran Sejarah
Subjects: L Education > Educational Institutions
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Sejarah, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 01 Apr 2024 02:22
Last Modified: 05 Apr 2024 01:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62451

Actions (login required)

View Item View Item