ANALISIS HASIL BELAJAR MATERI JARINGAN TUMBUHAN DENGAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN E-LKPD


Sabila Chusna Masithoh, 4401417071 (2022) ANALISIS HASIL BELAJAR MATERI JARINGAN TUMBUHAN DENGAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN E-LKPD. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of skripsi] PDF (skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Guru mata pelajaran biologi SMA Islam Sudirman Ambarawa mengatakan bahwa hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran biologi mengalami penurunan selama masa pandemi ini pada saat penerapan pembelajaran jarak jauh dilakukan dan masih berpusat pada guru. Pembelajaran dilakukan secara daring melalui aplikasi serta guru mata pelajaran biologi selama pembelajaran jarak jauh belum pernah menggunakan E-LKPD sebagai sumber belajar dalam materi jaringan tumbuhan. Oleh karena penelitian ini menggunakan pembelajaran dengan inkuiri terbimbing berbantuan E-LKPD dan diharapkan E-LKPD dapat digunakan sebagai sumber belajar bagi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar kognitif, psikomotorik, dan afektif dengan inkuiri terbimbing berbantuan E-LKPD pada materi jaringan tumbuhan. Penelitian dilakukan di kelas XI MIPA 1 sampai dengan XI MIPA 3 SMA Islam Sudirman Ambarawa pada semester Gasal Tahun Ajaran 2021/2022 yang berjumlah 106 peserta didik. Metode penelitian ini menggunakan desain penelitian pre-experimental design dengan model one shoot case-study. Sampel penelitian diperoleh dengan teknik purposive sampling dengan mempertimbangkan ketiga kelas yang diampu guru yang sama yang memiliki rata-rata kelas yang hampir sama. Data penelitian diperoleh dari penilaian lembar evaluasi yang terdiri atas 7 soal esai yang sudah dilakukan validitas dan reliabilitas, laporan hasil pengamatan, dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas XI MIPA 1 memperoleh hasil belajar kognitif, psikomotorik, dan afektif dengan persentase paling tinggi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis Hasil Belajar, Jaringan Tumbuhan, Inkuiri Terbimbing, E�LKPD.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 25 Mar 2024 06:34
Last Modified: 25 Mar 2024 06:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62340

Actions (login required)

View Item View Item