ANALISIS KESULITAN BELAJAR DALAM MENGUASAI MUFRODAT BAHASA ARAB SISWA DI MTS MUHAMMADIYAH 03 NOGOSARI BOYOLALI


Safira Aura Rachmawati, 2303418009 (2022) ANALISIS KESULITAN BELAJAR DALAM MENGUASAI MUFRODAT BAHASA ARAB SISWA DI MTS MUHAMMADIYAH 03 NOGOSARI BOYOLALI. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu komponen dalam belajar bahasa adalah Mufrodat. Ketika seseorang mempelajari bahasa Arab, tahap awal yang dipelajari ialah mufrodat (kosakata), karena tidak mungkin seseorang menguasai bahasa Arab tanpa mempelajari mufrodat (kosakata) bahasa Arab. Sejauh ini mufrodat (kosakata) mempunyai pengaruh yang besar dan jumlahnya pun tidak terbatas pada pembelajaran bahasa Arab. Banyak cara bagi seorang pemula untuk menguasai mufrodat (kosakata) bahasa Arab, Namun kenyataannya, siswa seringkali menghadapi beragam kesulitan belajar dalam proses menguasai mufrodat (kosakata). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor – faktor Penyebab kesulitan yang dihadapi siswa dalam menguasai mufrodat (kosakata) bahasa Arab di MTs Muhammadiyah 03 Nogosari dan mendeskripsikan langkah untuk mengatasi kesulitan dalam menguasai mufrodat (kosakata) bahasa Arab di MTs Muhammadiyah 03 Nogosari. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Data berupa kesulitan belajar dalam menguasai mufrodat dan langkah untuk mengatasi kesulitan dengan sumber data siswa dan guru. Analisis data peneliti dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian peneliti mendapatkan faktor – faktor penyebab kesulitan belajar siswa dalam menguasai mufrodat (kosakata) bahasa Arab yakni sesuai dengan klasifikasi yang dibuat oleh peneliti, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi kurangnya minat siswa, dan rendahnya kemampuan membaca. Sedangkan faktor eksternal meliputi Penyalahgunaan handphone dan metode yang diberikan oleh guru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kesulitan belajar, Menguasai, Bahasa Arab, Mufrodat
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 25 Mar 2024 04:58
Last Modified: 25 Mar 2024 04:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62313

Actions (login required)

View Item View Item