PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI NIHONGO ASYIK TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA KANJI N5 SISWA SMAN 1 JATILAWANG
Pramudya Ratna Wardani, 2302418041 (2023) PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI NIHONGO ASYIK TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA KANJI N5 SISWA SMAN 1 JATILAWANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Bahasa jepang memiliki empat jenis huruf yang digunakan yaitu, hiragana, katakana, kanji dan romaji.Pembelajaran kanji diawali ditingkat SMA pada jurusan bahasa dan biasanya didapatkan pada kelas XII. Berdasarkan pada hasil survei yang dilakukan oleh peneliti kepada siswa kelas XII jurusan bahasa SMAN 1 Jatilawang, kesulitan yang paling umum dihadapi oleh siswa yaitu menghafal huruf kanji. Dari data studi pendahuluan terhadap 35 siswa SMAN 1 Jatilawang kelas XII jurusan Bahasa, sekitar 17 siswa menjawab mereka menggunakan aplikasi nihongo asyik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh penggunaan aplikasi nihongo asyik terhadap kemampuan membaca kanji serta untuk menganalisis dan mendeskripsikan respon siswa setelah menggunakan aplikasi nihongo asyik. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif dengan metode Quasi Experiment. Hasil rata-rata post test adalah 81,8. Berdasarkan hasil uji t-test post-test diperoleh signifikasi sebesar 0,000<0,05 maka dengan demikian penggunaan aplikasi nihongo asyik berpengaruh untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa. Berdasarkan hasil angket siswa mengenai aplikasi nihongo asyik, siswa merasa sangat terbantu dalam mempelajari huruf kanji di luar sekolah karena pada aplikasi ini memiliki tampilan yang menarik serta cara penggunaan aplikasi ini mudah dipahami.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh, Aplikasi Nihongo Asyik, Kemampuan Membaca Kanji |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1) |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 25 Mar 2024 04:51 |
Last Modified: | 25 Mar 2024 04:51 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62308 |
Actions (login required)
View Item |