DAMPAK GAMIFIKASI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA: STUDI BERBASIS SISWA


Susi Indriyani, 1102417007 (2022) DAMPAK GAMIFIKASI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA: STUDI BERBASIS SISWA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran hybrid learning menimbulkan masalah pada siswa yang ditandai dengan siswa bosan, kurang termotivasi dan kurang aktif dalam proses pembelajaran selain itu guru kurang dalam memodifikasi model pembelajaran kedalam proses pembelajaran dan kurang memaksimalkan platform online kedalam kegiatan belajar.hal tersebut menyebabkan motivasi dan hasil belajar siswa menurun. Melalui pembelajaran gamifikasi tersebut dapat menjadi alternatif untuk meningkatkan motivasi siswa dan ikut dalam pembelajaran secara aktif. Tujuan untuk mengetahui dampak gamifikasi terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa. metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tes kepada siswa dan kuesioner kepada siswa dan guru. Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 3 SMA 12 Semarang. Hasil penelitian diperoleh bahwa peningkatan motivas diperoleh sebesar nilai thitung -2.456 > ttabel 2,093 dimana pembelajaran gamifikasi berpengaruh terhadap motivasi, sedangkan Sedangkan peningkatan hasil belajar siswa dibuktikan dengan nilai t yang diperoleh sebesar t hitung sebesar 2.654> ttabel 2,093 artinya pembelajaran gamifikasi memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa. dengan demikian pembelajaran gamifikasi dapat dijadikan salah satu alternatif pembelajaran oleh guru yang dapat di terapkan ke dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Gamifikasi, Motiavasi,Hasil Belajar, Model Pembelajaran
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 25 Mar 2024 03:10
Last Modified: 25 Mar 2024 03:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62238

Actions (login required)

View Item View Item