PROGRAM HAFALAN AL-QUR’AN ANAK USIA DINI DENGAN METODE ZAHRAWAIN DI PAUD PELITA BANGSA SEMARANG


MAISAH KHOLIS, 0108520011 (2023) PROGRAM HAFALAN AL-QUR’AN ANAK USIA DINI DENGAN METODE ZAHRAWAIN DI PAUD PELITA BANGSA SEMARANG. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of TESIS] PDF (TESIS)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Menghafal al-Qur’an banyak dijadikan salah satu program unggulan di sekolah-sekolah, baik sekolah anak usia dini sampai perguruan tinggi. Kegiatan menghafal erat hubungannya dengan kinerja memori atau ingatan. Oleh sebab itu, menciptakan suasana menyenangkan bagi anak dapat membuat mereka tidak merasa tertekan atau terpaksa menghafalkan al-Qur’an. Kurangnya variasi metode tahfidz yang digunakan menjadikan kurangnya minat untuk menghafal dan membuat naik turunnya semangat serta kurang konsentrasi. Sehingga tujuan dari eksperimen program hafalan Qur’an dengan metode Zahrawain ini bisa membantu menjadi salah satu solusi dan menambah wawasan keberagaman metode dalam kegiatan hafalan anak usia dini di PAUD Pelita Bangsa. Penelitian ini menggunakan perpaduan metode kualitatif dan kuantitatif atau mixed methods research. Subjek pada penelitian terdapat 3 subjek anak usia dini yang berusia 3-5 tahun. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasilnya ialah metode Zahrawain yang dijadikan sebagai ekperimen pada program hafalan al-Qur’an anak usia dini di PAUD Pelita Bangsa Semarang menunjukkan adanya pengaruh yang cukup efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Program Hafalan Al-Qur’an, Anak Usia Dini, Metode Zahrawain
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Anak Usia Dini, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 22 Mar 2024 02:01
Last Modified: 22 Mar 2024 02:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62176

Actions (login required)

View Item View Item