PENDIDIKAN SEKS BAGI ANAK USIA DINI: PERSEPSI GURU DAN ORANG TUA
RACHMASARI, 0108519012 (2023) PENDIDIKAN SEKS BAGI ANAK USIA DINI: PERSEPSI GURU DAN ORANG TUA. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF (TESIS)
Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Kerbatasan guru dan orang tua dalam mengetahui dan memahami pendidikan seks pada anak usia dini dan keterbatasan sumber belajar guru dan orang tua dalam mengajarkan seksualitas, serta urgennya pendidikan seksual sejak anak usia dini, sehingga penting untuk diadakan penelitian dalam menggali persepsi guru dan orang tua terhadap pendidikan seks anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan menganalisis persepsi guru dan orang tua tentang pendidikan seks bagi anak usia dini di lembaga Kelompok Bermain Kota Pekalongan; menganalisis level agreement diantara persepsi guru dan orang tua tentang pendidikan seks bagi anak usia dini di lembaga Kelompok Bermain Kota Pekalongan; menggambarkan dan menganalisis penerapan pendidikan seks pada anak usia dini oleh guru dan orang tua di lembaga Kelompok Bermain Kota Pekalongan. Desain penelitian yang digunakan adalah sequential mixed methods dengan mengkombinasikan penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif dalam satu penelitian. Sampel penelitian adalah 32 guru dan 32 orang tua Kelompok Bermain di Kota Pekalongan. Pengumpulan data kuantitatif menggunakan kuesioner dengan skala likert. Sedangkan pengumpulan data kualitatif menggunakan metode wawancara semi terstruktur. Hasil penelitian pada analisis kuantitatif menunjukkan bahwa level agreement diantara persepsi guru dan orang tua terhadap pengertian dan ruang lingkup pendidikan seks anak usia dini sebesar <0,0 kategori no agreement menunjukkan ketidaksepakatan. Sedangkan pada level agreement diantara persepsi guru dan orang tua terhadap tujuan pendidikan seks anak usia dini sebesar 1,0 kategori almost perfect menunjukkan kesepakatan. Sedangkan hasil analisis kualitatif menunjukkan bahwa persepsi guru dan orang tua dalam memahami tujuan pendidikan seks memiliki kesepemahaman. Sedangkan persepsi guru dan orang tua dalam memahami pengertian pendidikan seks dan ruang lingkup pendidikan seks anakusia dini menunjukkan ketidaksepemahaman. Saran dalam penelitian ini, diharapkan bagi Dinas Pendidikan perlu mengadakan sosialisai dan penyediaan buku pedoman tentang pendidikan seks anak usia dini. Bagi lembaga pendidikan anak usia dini dan orang tua dalam meningkatkan penerapan atau implementasi program pengenalan pendidikan seks anak usia dini. bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk dapat melibatkan multirater lain selain guru dan orang tua seperti anak dan menambahkan teknik pengumpulan data dengan observasi serta menggunakan teori lain sesuai dengan tahap perkembangan (cakupan usia).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Seks Anak Usia Dini, Persepsi guru dan orang tua |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > Educational Institutions |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan Anak Usia Dini, S2 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 22 Mar 2024 01:31 |
Last Modified: | 22 Mar 2024 01:31 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62170 |
Actions (login required)
View Item |