PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS ANDROID UNTUK MENILAI KEMAMPUAN SISWA SMK DALAM MENDESAIN BUSANA


FATHIA ROHMAH, 0106521030 (2023) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS ANDROID UNTUK MENILAI KEMAMPUAN SISWA SMK DALAM MENDESAIN BUSANA. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of TESIS] PDF (TESIS)
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum adanya instrumen dalam menilai kemampuan mendesain busana yang telah teruji validitas maupun reliabilitasnya dan kurangnya kepraktisan dalam penilaian produk desain busana. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan bentuk instrumen penilaian desain busana bagi siswa SMK berbasis android, (2) Mengembangkan instrumen penilaian berbasis android untuk menilai kemampuan mendesain busana, (3) Menguji validitas dan reliabilitas instrumen yang dikembangkan, (4) Menguji kepraktisan penggunaan instrumen penilaian berbasis android, (5) Menganalisis profil kemampuan siswa SMK dalam mendesain busana. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, uji coba produk dilakukan di SMK Negeri 5 Kendal, SMK Darul Amanah Sukorejo, SMK Al Asror Semarang dan SMK Islam Sudirman Ambarawa. Teknik pengambilan sampel subjek uji coba menggunakan purposive sampling. Subjek uji coba produk sebanyak 128 siswa. Teknik analisis data menggunakan rumus Aikens‘V untuk menguji validitas isi, Alpha Cronbach untuk menganalisis reliabilitas, presentase untuk menguji kepraktisan dan profil kemampuan siswa. Hasil penelitian (1) diperoleh instrumen penilaian berbentuk skala Likert, 4 option, dilengkapi rubrik untuk menilai produk desain busana. Instrumen dikonstruk atas 3 dimensi/aspek dan 16 indikator. (2) Instrumen penilaian berbasis android yang dikembangkan berbentuk aplikasi dengan 5 fitur utama, yaitu input nilai, kisi-kisi, rubrik penilaian, rekap nilai dan tentang. (3) instrumen penilaian yang dikembangkan valid dengan Vhitung sebesar 0,93, reliabel dengan koifisien reliabilitas 0,82 dan nilai Interclass Correlation Coefficient sebesar 0,869. Hasil uji validitas dan reliabilitas konstruk variabel Persiapan mempunyai CV sebesar 0,77 dan CR sebesar 0,87, variabel Proses mempunyai CV sebesar 0,58 dan CR sebesar 0,73, dan variabel Hasil Produk mempunyai CV sebesar 0,66 dan CR sebesar 0,96. Sehingga variabel laten Persiapan, Proses, dan Hasil Produk telah memenuhi syarat uji validitas dan reliabilitas. (4) Penggunaan instrumen dalam kategori praktis dengan skor rata-rata 87,5 %. (5) Profil kemampuan siswa SMK dalam mendesain busana menunjukkan 24 % siswa sudah mencapai ketuntasan dan perlu pengayaan, 60 % sudah mencapai ketuntasan dan 21 % belum mencapai ketuntasan/layak untuk remidial. Rata-rata kemampuan siswa paling rendah terdapat pada aspek value, yaitu 62 % pada skala 2. Rata-rata kemampuan siswa paling tinggi terdapat pada aspek pusat perhatian, yaitu 75 % pada skala 4

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Instrumen penilaian, android, desain busana
Subjects: L Education > Educational Institutions
L Education > Educational Institutions > portfolio assessment
Fakultas: Pasca Sarjana > Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 21 Mar 2024 07:57
Last Modified: 21 Mar 2024 07:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62165

Actions (login required)

View Item View Item