PENGARUH MOTIVASI AKADEMIK, KONTROL DIRI DAN KESADARAN DIRI TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SISWA SMP EKASAKTI KOTA SEMARANG


AGUS SUMARDIONO, 0106518032 (2022) PENGARUH MOTIVASI AKADEMIK, KONTROL DIRI DAN KESADARAN DIRI TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SISWA SMP EKASAKTI KOTA SEMARANG. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of TESIS] PDF (TESIS)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan disiplin merupakan salah satu bentuk pelajaran yang ditempa pada usia sekolah. Kedisiplinan ditujukan agar siswa mampu bertanggung jawab terhadap peraturan yang telah ditetapkan sekolah. Diperlukan beberapa faktor lain guna meningkatkan kedisiplinan siswa, diantaranya dengan melihat aspek motivasi akademik, kontrol diri dan kesadaran diri. Ketiga aspek yang dipilih untuk melihat disiplin siswa muncul dari beberapa penelitian terdahulu yang menyatakan adanya hubungan dan pengaruh dari ketiga aspek tersebut terhadap pembentukan karakter disiplin siswa. Secara berurutan, ketiga aspek tersebut dapat dimulai dari munculnya motivasi siswa untuk memiliki karalter disiplin yang memacu siswa agar mampu memiliki kesadaran dan kontrol diri yang baik. Target yang diharapkan adalah ketiga aspek tersebut mampu menjadikan siswa yang disiplin, baik di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan kausal komparatif. Variabel dalam penelitian ini adalah motivasi akademik, kontrol diri dan kesadaran diri yang merupakan variabel independen serta disiplin siswa sebagai variabel dependen. Populasi pada penelitian ini berjumlah 547 siswa. Teknik sampling menggunakan rumus Yamane dengan jumlah 85 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan secara simultan terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi akademik, kontrol diri dan kesadaran diri terhadap disiplin siswa. Hasil uji t atau uji parsial juga menunjukkan adanya pengaruh dari masing�masing variabel independent terhadap variabel dependen. Adapun besar pengaruh secara simultan adalah 49,3% yang menurut r tabel masuk dalam kategori sedang. Dapat disimpulkan bahwa motivasi akademik, kontrol diri dan kesadaran diri memiliki dampak terhadap kedisiplinan siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: motivasi akademik, kontrol diri, kesadaran diri, disiplin siswa, smp ekasakti
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 20 Mar 2024 03:37
Last Modified: 20 Mar 2024 03:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62130

Actions (login required)

View Item View Item