PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN LITERASI SAINS BERMUATAN SOCIO-SCIENCES PADA PEMBELAJARAN IPA SEKOLAH DASAR


Natiqotul Muniroh, 0106517081 (2023) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN LITERASI SAINS BERMUATAN SOCIO-SCIENCES PADA PEMBELAJARAN IPA SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of TESIS] PDF (TESIS)
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penyusunan instrumen tes yang berbasis literasi sains merupakan salah satu upaya untuk menyediakan instrumen literasi sains yang dapat digunakan untuk mengukur dan melatihkan soal literasi sains kepada siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan instrumen penilaian literasi sains bermuatan socio-sciences pada pembelajaran IPA kelas V Sekolah Dasar tema 6: Panas dan Perpindahannya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan desain 4D (Define, Design, Development, Desimination). Subjek uji coba penelitian ini adalah siswa kelas V SD di Kecamatan Talun Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2021/2022. Subjek uji coba skala terbatas terdiri atas 30 siswa dan subyek uji coba skala luas terdiri atas 103 siswa. Instrumen penelitian terdiri atas instrumen tes, lembar validasi ahli dan lembar angket respons. Penelitian ini menggunakan teknik analisis kuantitatif yang diperoleh dari data soal tes yang diujikan. Hasil penelitian validitas konstruk menunjukkan pada KMO and Bartlett’s hasil output menunjukkan nilai KMO sebesar 0,530, komunalitas nilai extraction tertinggi adalah 0,544 sedangkan nilai extraction terendah adalah 0,003 dan pada komponen matrix komponen 1 nilai korelasinya adala 0,984 > 0,5 dan komponen 2 nilai korelasinya adalah 0,948 > 0,5 sehingga dapat dikatakan kedua komponen mampu merangkum variabel-variabel yang ada. Reliabilitas instrumen penilaian literasi sains bermuatan socio-sciences menunjukkan kategori tinggi dengan nilai reliabilitas 0,88 (sangat tinggi) pada uji coba kecil dan 0,62 (tinggi) pada uji coba skala luas. Analisis daya beda instrumen butir soal terdapat 25 soal sebanyak 18 soal diterima, 2 butir soal diterima dengan perbaikan, 3 butir soal diperbaiki, dan 3 butir soal dibuang. Hasil analisis tingkat kesukaran menunjukkan bahwa dari 25 soal, terdapat 21 soal tingkat kesukarannya sedang, sedangkan 4 soal berkriteria sukar. Hasil analisis data uji kepraktisan didapatkan nilai sebesar 81,04% dengan kriteria sangat praktis. Hasil dari pengembangan instrumen penilaian literasi sains bermuatan socio-science dapat digunakan untuk mengukur profil literasi sains siswa sekolah dasar di Kecamatan Talun Kabupaten Pekalongan. Profil literasi secara keseluruhan berada pada kategori tinggi yaitu dengan rerata kemampuan literasi sains sebesar 63,77. Jumlah siswa dengan kategori tinggi terdapat 70 siswa, kategori sedang terdapat 23 siswa, dan kategori sangat rendah 7 siswa. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa instrumen penilaian literasi sains bermuatan socio-sciences pada pembelajaran IPA kelas V layak dan praktis digunakan dalam mengukur kemampuan literasi sains siswa sekolah dasar di Kecamatan Talun Kabupaten Pekalongan

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Instrumen; Literasi Sains; Socio-science
Subjects: L Education > Educational Institutions
L Education > Educational Institutions > school management
Fakultas: Pasca Sarjana > Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 20 Mar 2024 03:18
Last Modified: 20 Mar 2024 03:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62125

Actions (login required)

View Item View Item