ANALISIS KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS 5 SD NEGERI 5 SUKOSONO DITINJAU DARI PENDEKATAN STEAM BERBASIS TEMATIK
RENO DWI PRASETYO, 0104518009 (2023) ANALISIS KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS 5 SD NEGERI 5 SUKOSONO DITINJAU DARI PENDEKATAN STEAM BERBASIS TEMATIK. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF (TESIS)
Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran merupakan wadah yang tepat dalam membantu guru menumbuhkan keterampilan berpikir kritis pada siswa. Salah satu pembelajaran yang dapat digunakan yaitu pembelajaran dengan menggunakan pendekatan STEAM. STEAM merupakan singkatan dari Sains (science), Teknologi (technology), Teknik (engineering), Seni (art) dan Matematika (mathematic). Pembelajaran STEAM dibuat desain pembelajaran yang terencana secara matang, membuat desain pembelajaran yang memberikan ruang bagi siswa untuk dapat mengembangkan kekaktifan belajar. Tujuan penelitian diantaranya untuk menganalisis keaktifan belajar siswa kelas 5 SD Negeri 5 Sukosono ditinjau dari pendekatan STEAM berbasis tematik. Selain itu juga untuk menganalisis faktor pendukung dan penghambat dalam keaktifan belajar siswa kelas 5 SD Negeri 5 Sukosono ditinjau dari pendekatan STEAM berbasis tematik. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode penelitian kualitatif. Metode penelitian menggunakan pendekatan studi deskriptif. Lokasi penelitian ini akan dilaksanakan di SD Negeri 5 Sukosono Kecamatan Kedung Kabupaten Jepara. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik triangulasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, memaparkan bahan empirik, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh aspek keaktifan belajar siswa yang telah diamati menunjukkan hasil yang positif yaitu siswa-siswa aktif dalam pembelajaran. Bertanya pada guru keaktifan siswa meliputi menjawab pertanyaan guru, melakukan percobaan, menggunakan alat dan bahan, menuliskan data percobaan dalam tabel pengamatan, menggambarkan hasil percobaan, diskusi dengan kelompok, bekerjasama dalam kelompok, menyimak kegiatan presentasi, mengemukakan pendapat, menyimak penjelasan/informasi guru dan percaya diri dalam kegiatan pembelajaran. Faktor pendukung dalam penelitian ini adalah sarpras memadai, keinginan guru yang kuat untuk mendesain pembelajaran yang kreatif inovatif, dukungan dari Kepala Sekolah, keikutsertaan dalam kegiatan yang menunjang pengetahuan serta wawasan tentang pendekatan STEAM, antusias siswa dan respon positif orang tua. Faktor penghambat adalah peran teknologi yang masih bergantung oleh ketersediaan listrik yang kurang memadahi
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keaktifan belajar, STEAM, Tematik |
Subjects: | L Education > Educational Institutions L Education > Educational Institutions > school management L Education > Educational Institutions > portfolio assessment |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pengembangan Kurikulum (Kurikulum dan Teknologi Pembelajaran) S2 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 20 Mar 2024 02:56 |
Last Modified: | 20 Mar 2024 02:57 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62120 |
Actions (login required)
View Item |