Pengembangan Pembelajaran PKn dalam Membentuk Wawasan Global pada Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (Penelitian di SMK Muhammadiyah Kota Pekalongan)


Kharis Parama , 3401407011 (2011) Pengembangan Pembelajaran PKn dalam Membentuk Wawasan Global pada Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (Penelitian di SMK Muhammadiyah Kota Pekalongan). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengembangan Pembelajaran PKn dalam Membentuk Wawasan Global pada Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (Penelitian di SMK Muhammadiyah Kota Pekalongan)]
Preview
PDF (Pengembangan Pembelajaran PKn dalam Membentuk Wawasan Global pada Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (Penelitian di SMK Muhammadiyah Kota Pekalongan)) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pada era global ini, bangsa Indonesia dihadapkan pada suatu masa yang mengalami perkembangan dan perubahan yang sangat pesat. Pendidikan yang tinggi belum dapat dikatakan sebagai hasil pembangunan NKRI. Hal itu karena ada sebagian warga negara Indonesia yang memiliki pendidikan yang tinggi, namun mereka justru menghancurkan NKRI ini secara perlahan. Contohnya adalah teknisi Indonesia yang dapat menciptakan bom dan melakukan pemboman di pulau Bali dengan alasan jihad di bawah pimpinan Imam Samudra yang merupakan orang Malaysia. Oleh sebab itu, guru PKn Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional SMK Muhammadiyah Pekalongan membekali siswanya dengan pengembangan pendidikan PKn dalam membentuk wawasan global. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya pengembangan pembelajaran PKn dalam membentuk wawasan global pada Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional SMK Muhammadiyah Pekalongan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya pengembangan pembelajaran PKn dalam membentuk wawasan global pada Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional SMK Muhammadiyah Pekalongan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif. Lokasi penelitian terletak di SMK Muhammadiyah Pekalongan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, pengamatan, dan dokumentasi yang diolah dan diperiksa dengan menggunakan teknik perpanjangan keikutsertaan dan triangulasi untuk menetapkan keabsahan data. Data penelitian ini dianalisis dan diolah dengan menggunakan model analisis interaksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Upaya pengembangan pembelajaran PKn dalam membentuk wawasan global pada Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional SMK Muhammadiyah Pekalongan melalui pengambangan kurikulum, silabus, dan RPP. Kurikulum SMK Muhammadiyah belum berwawasan global dikarenakan SMK Muhammadiyah Pekalongan sedang melakukan kerjasama dengan suatu lembaga yang bernama “TOPSII Ednovation Internasional” dengan tujuan untuk memperoleh akreditasi Internasional atau MOU, (2) Silabus mata pelajaran PKn SMK Muhammadiyah Pekalongan telah berwawasan global terbukti dari materi pembelajaran dalam silabus berpedoman pada bahan pembelajaran yang berkembang di negara-negara lain. Contohnya adalah materi mengenai sistem hukum dan peradilan internasional juga telah mengadopsi teori para tokoh atau ahli dari luar negeri, dan menggunakan beberapa sumber belajar, seperti media cetak (seperti buku literatur terjemahan karya C.F. Strong), internet, serta media masa, (3) RPP mata pelajaran PKn SMK Muhammadiyah Pekalongan telah berwawasan global melalui pengembangan media pembelajaran, model pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran PKn. Contohnya adalah guru PKn telah menggunakan media pembelajaran yang berbasis TIK (laptop, LCD, dan internet), beberapa model dan metode pembelajaran yang digunakan oleh guru PKn SMK Muhammadiyah Pekalongan diadopsi dari luar negeri (mind mapping dan jigsaw), penilaian pembelajaran menggunakan teknik penilaian unjuk kerja atau perbuatan yang sesuai dengan paradigma IGCSE dan sistem administrasi akademik yang digunakan telah berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Sehingga siswa bisa mengakses transkrip nilai secara mandiri di alamat website www.smkmuhpekalongan.sch.id, (4) Proses atau pelaksanaan pembelajaran PKn belumlah berwawasan global karena bahasa utama yang digunakan adalah bahasa Indonesia bukan bahasa asing khususnya bahasa Inggris. Saran yang disampaikan adalah: (1) Guru PKn SMK Muhammadiyah Pekalongan hendaknya terbebas dari aksidensial dalam membentuk wawasan global siswa dan dalam melakukan pengembangan pembelajaran PKn untuk membentuk wawasan global siswa hendaklah didasarkan pada pengalaman pribadi membaca atau mengetahui dan memahami perangkat dan proses atau pelaksanaan pembelajaran dari sekolah di luar negeri yang telah memiliki reputasi secara internasional, (2) Kepala SMK Muhammadiyah Pekalongan hendaklah membagikan pengalaman berkunjung ke luar negeri kepada siswa secara langsung guna membentuk wawasan global, mungkin dalam upacara bendera, (3) Siswa SMK Muhammadiyah Pekalongan sekaligus sebagai generasi muda bangsa Indonesia hendaklah lebih giat belajar, minimal dengan membaca buku. Guna membentuk wawasan global sebagai salah satu dasar untuk membangun negara Indonesia yang maju dan modern.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengembangan pembelajaran PKn, membentuk wawasan global
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 25 Oct 2011 08:09
Last Modified: 25 Apr 2015 06:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6211

Actions (login required)

View Item View Item