PERAN KELOMPOK KERJA GURU (KKG) DALAM PENGUATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN KALIMANAH
ARIF NUR PRATOMO, 0103518071 (2023) PERAN KELOMPOK KERJA GURU (KKG) DALAM PENGUATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN KALIMANAH. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF (TESIS)
Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Kelompok kerja guru dipandang sebagai kegiatan formalitas yang harus diikuti tanpa adanya output yang jelas. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan kompetensi pedagogik guru, 2) mendeskripsikan peran kelompok kerja guru (KKG) dalam penguatan kompetensi pedagogik guru, dan 3) mendeskripsikan kedala dan solusi dari masalah yang timbul dalam pelaksanaan KKG dalam penguatan kompetensi pedagogik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Desain penelitian menggunakan deskripstif kualitatif. Fokus penelitian terhadap pelaksanaan KKG di Kecamatan Kalimanah. Sumber data yang digunakan yaitu wawancara kepala sekolah, guru, pengawas. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif. Hasil penelitian dapat disimpulkan disimpulkan (1) makna kompetensi pedagogik adalah kemampuan atau keterampilan tenaga pendidik (guru) yang bisa mengelola proses pembelajaran atau mengatur interaksi belajar mengajar dengan para peserta didik, (2) peran KKG gugus Malang Jiwa dalam meningkatkan kompetensi pedagogic guru adalah dengan beberapa program; (a) penyusunan perangkat pembelajaran; (b) penyusunan karya tulis ilmiah; (c) memahami gaya belajar dan karakteristik siswa; dan (d) melaksanakan sosialisasi, (3) kendala yang dialami dalam kegiatan KKG di gugus Malang Jiwa adalah; (a) kurangnya sumber dana; (b) tidak adanya kerjasama dengan narasumber luar yang ahli dibidangnya; dan (c) guru yang sudah berumur kesulitan dalam menyusun karya tulis ilmiah dan menggunakan media berbasis digital, sehingga berdampak pada tidak meningkatnya kompetensi pedagogiknya. Solusi yang diberikan adalah; (a) menaikkan nominal iuran anggota KKG; (b) mendatangkan narasumber ahli dari luar; dan (c) melakukan pendampingan terhadap guru yang sudah berusia untuk memanfaatkan media digital. Saran yang dapat dilakukan yaitu penyelenggaraan pengembangan kompetensi pedagogik guru sebaiknya dilaksanakan baik oleh sekolah maupun organisasi seperti perkumpulan KKG. Dengan demikian guru sebaiknya memang berperan aktif dalam kegiatan pengembangan kompetensi terutama pedagogik. Hal ini erat kaitannya dengan pengetahuan dan keterampilan apa yang dibutuhkan oleh guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang dilakukan
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kelompok Kerja Guru, Kompetensi Pedagogik, Guru. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > Educational Institutions |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 19 Mar 2024 04:27 |
Last Modified: | 19 Mar 2024 04:27 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62082 |
Actions (login required)
View Item |