KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF PADA PEMBELAJARANPROBLEM-BASED LEARNING DENGAN TEACHER FEEDBACK


EVARIYANI, 0103518024 (2023) KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF PADA PEMBELAJARANPROBLEM-BASED LEARNING DENGAN TEACHER FEEDBACK. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of TESIS] PDF (TESIS)
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan model Problem Based Learning dengan umpan balik guru terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa SMP. Metode penelitian ini merupakan penelitian kombinasi atau campuran yang disebut juga Mixed Method. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah tipe Sequential Explanatory. Subyek penelitian ini adalah siswa SMP N 3 Kandangan semester II tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengambilan sampel kuantitatif yang digunakan adalah cluster random sampling. Penyusunan dan pengumpulan data dilakukan berdasarkan data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diambil dari tahap pretest yang dilakukan di kelas eksperimen dan kelas kontrol sampai dengan posttest yang dilakukan di kelas yang sama. Sedangkan data kualitatif diperoleh dari Tes Geft lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Penerapan pembelajaran PLB dengan umpan balik guru efektif terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa dengan umpan balik guru lebih baik daripada siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Discovery learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa FI kuat mencapai kemampuan komunikasi matematis tulis dan lisan mampu menyelesaikan 4 indikator. Siswa dengan gaya kognitif FI sedang pada kemampuan komunikasi matematis memenuhi 3 indikator kemampuan komunikasi lisan dan tulis. Siswa dengan gaya kognitif FI rendah memenuhi 1 indikator dan siswa dengan gaya kognitif FD kuat mampu menyelesaikan 4 indikator, FD sedang pada kemampuan komunikasi matematis memenuhi 3 indikator untuk kemampuan komunikasi lisan dan tulis. Siswa dengan gaya kognitif FI rendah memenuhi 1 indikator

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Problem-Based Learning, kemampuan komunikasi matematis, gaya kognitif, field independent, field dependent.
Subjects: L Education > Educational Institutions
L Education > Educational Institutions > school management
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 19 Mar 2024 03:22
Last Modified: 19 Mar 2024 03:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62066

Actions (login required)

View Item View Item