PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, KESEJAHTERAAN DAN FASILITAS SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI KERJA GURU SEKOLAH DASAR JARINGAN SEKOLAH ISLAM TERPADU INDONESIA DI KOORDINATOR DAERAH (KORDA) PATI


Yeni Susanti, 0102521003 (2023) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, KESEJAHTERAAN DAN FASILITAS SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI KERJA GURU SEKOLAH DASAR JARINGAN SEKOLAH ISLAM TERPADU INDONESIA DI KOORDINATOR DAERAH (KORDA) PATI. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of TESIS] PDF (TESIS)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis seberapa besar pengaruh, baik secara bersama-sama maupun secara sendiri-sendiri kepemimpinan kepala sekolah, kesejahteraan dan fasilitas sekolah terhadap motivasi kerja guru Sekolah Dasar Jaringan Sekolah Islam Terpadu Indonesia Koordinator Daerah Pati. Penelitian ini mengunakan metode survey, metode survey adalah metode penelitian kuantitatif yang digunakan untuk mendapatkan data yang terjadi pada masa lampau atau saat ini, tentang keyakinan, pendapat, karakteristik, perilaku hubungan variabel dan untuk menguji beberapa hipotesis tentang variabel sosialogi. Hasil penelitian menjelaskan bahwa kepemimpinan kepala sekolah, kesejahteraan guru, dan fasilitas sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi guru dengan nilai sig berturut-turut sebesar 0,015; 0,000; dan 0,000; (< 0,05), serta hasil uji F dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama kepemimpinan kepala sekolah, kesejahteraan guru, dan fasilitas sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi kerja guru. Saran dari penelitian ini yaitu, untuk penggunaan variabel kepemimpinan, pada penelitian selanjutnya diharapkan tidak berfokus kepada indikator kepemimpinan, namun sebaiknya dilakukan terhadap tipe-tipe kepemimpinan yang ada, pada variabel kesejahteraan guru, dapat dilakukan dengan melihat berapa dan apa saja tunjangan yang diterima oleh guru, dan juga diharapkan dapat melihat atau perbandingan tingkat kesejahteraan berdasarkan kebutuhan dan lama guru mengajar, kemudian pada variabel fasilitas sekolah, tentu akan lebih baik jika melakukan perbandingan pada hal yang sama, misalnya kondisi ruang kelas, lapangan olahraga, sehingga hasil penelitian dapat lebih objektif, dan yang terakhir ditujukan kepada penelitian selanjutnya, dapat melakukan perbandingan antara sekolah negeri dengan sekolah swasta, sekolah umum dan sekolah asrama, atau mengambil perbandingan pada sekolah dengan lokasi yang berdekatan. Sehingga diharapkan hasil penelitian tidak bias, dan mudah untuk melakukan generalis hasil penelitian

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: kepemimpinan, kesejahteraan, fasilitas, guru
Subjects: L Education > teacher competence
Fakultas: Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 19 Mar 2024 02:53
Last Modified: 19 Mar 2024 02:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62059

Actions (login required)

View Item View Item