SUPERVISI AKADEMIK DALAM PENINGKATAN KINERJA GURU (STUDI KASUS MTS NU BANAT KUDUS)


Syafa’atun Nafidzah, 0102520003 (2023) SUPERVISI AKADEMIK DALAM PENINGKATAN KINERJA GURU (STUDI KASUS MTS NU BANAT KUDUS). Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of TESIS] PDF (TESIS)
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan supervisi untuk membantu dalam memperbaiki pembelajaran. namun kenyataan tanggung jawab administratif guru lebih ditekankan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis dan mendeskripsikan pendekatan, strategi dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi, tahapan, kendala supervisi dan upaya untuk mengatasinya. Metode penelitian menggunakan kualitatif deskriptif. Fokus penelitian adalah mengungkapkan supervisi terdiri dari pendekatan, strategi kepala sekolah, tahapan, kendala dan upaya. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Peneliti menganalisis data dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah pendekatan supervisi yang digunakan di MTs NU Banat Kudus adalah kolaboratif. Strategi kepala madrasah dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi adalah menyusun jadwal pelaksanaan, memeriksa RPP, melaksanakan supervisi, diskusi dan pengadaan pelatihan. Tahapan supervisi akademik adalah perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dan tindak lanjut. Kendala dalam supervisi yaitu mengatur jadwal dan penyesuaian guru apabila terdapat pergantian kurikulum baru. Upaya dalam mengatasi kendala tersebut adalah membutuhkan effort yang lebih, menyiapkan tenaga, mengatur waktu, berbagi tugas dengan wakil kepala dan guru lainnya serta mengadakan pelatihan, workshop dan diklat yang berkaitan dengan peningkatan kinerja guru. Simpulan supervisi terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut. Pada setiap tahap terdapat komponen yang penting untuk dilakukan secara runtut. Saran bagi sekolah adalah untuk memperbaruhi informasi terkait dengan kegiatan pengelolaan sekolah khususnya untuk kegiatan supervisi. Penelitian ini dapat menjadi inovasi terkait supervisi akademik terutama untuk penulis dan menjadi sumber rujukan bagi penulis selanjutnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: supervisi, akademik, kinerja, guru
Subjects: L Education > Educational Institutions
L Education > Educational Institutions > school management
Fakultas: Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 19 Mar 2024 02:39
Last Modified: 19 Mar 2024 02:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62056

Actions (login required)

View Item View Item