MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN Studi Kasus : SMK PUTRA MAHKOTA PATI
Alextrika Nurun Nafi’a, 0102518034 (2023) MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN Studi Kasus : SMK PUTRA MAHKOTA PATI. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF (TESIS)
Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Manajemen Sumber Daya Manusia merupakan proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian atas pengadaan tenaga kerja, penempatan, pelatihan dan pengambangan, kompensasi, pengintegrasian pemeliharaan tenaga kerja hingga pemutusan hubungan kerja. penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalsis manajemen SDM di SMK Putra Mahkota dalam meningkatkan mutu pendidikan menggunakan teori manajemen PAC yakni planning (perencanaan), actuating (pelaksanaan) dan controlling (pengawasan/evaluasi). Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif (qualitative research) dengan desain studi kasus (case study design). Perolehan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan studi dokumen. Sumber informasi yang diperoleh dari kepala sekolah, guru, tata usaha, bendahara sekolah serta bagian kebersihan. Keabsahan pada peneliti ini menggunakan perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles and Huberman yakni reduksi data, pengajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian yang telah dilakukan adalah mutu pendidikan yang ada di SMK Putra Mahkota merupakan hasil dari proses manajemen sumber daya manusia yakni mulai dari perencanaan pengadaan SDM, penempatan, pelatihan dan pengembangan SDM, kompensasi yang diberikan, pengintegrasian, pemeliharaan SDM dan pemutusan hubungan kerja SDM. Keadaan lapangan yang menunjukkan beberapa guru masih berlatarbelakang SMK dan belum sarjana merupakan hasil dari manajemen SDM yang kurang baik sehingga mutu sekolah menjadi kurang baik. Perencanaan manajemen SDM dilaksanakan di SMK dengan cara penyusunan RKJM dan menganalisis blanko kebutuhan guru (R10) yang kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan manajemen SDM. Pelaksanaan manajemen SDM dilaksanakan denggan cara pengadaan yakni rekrutmen dan seleksi, penempatan SDM yang sesuai dengan kemampuan dan latar belakang pendidikan, dan pemberian kompensasi berupa gaji. Evaluasi manajemen SDM di SMK Putra VI Mahkota hampir tidak pernah dilakukan pada manajemen SDM, selama ini SMK hanya berfokus pada evaluasi program kegiatan sekolah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah SMK Putra Mahkota telah menerapkan manajemen PAC akan tetapi masih perlu adanya pembenahan dan perbaikan. Dari segi perencanaan, SMK perlu meningkatkan manajemen perencanaan SDM lebih matang sehingga dalam pelaksanaannya akan lebih maksimal. Pelaksanaan manajemen SDM sudah dilakukan dengan sangat baik meskipun pada beberapa poin yakni pemeliharaan SDM dan pemutusan hubungan kerja. Perlu adanya kesepakatankontrak ekrja yang dilakukan dalam pelaksanaan manajemen SDM pada proses pemutusan hubungan kerja. Selain itu evaluasi manajemen SDM juga perlu dilakukan setiap kali pelaksanaan manajemen SDM telah dilakukan. Hal ini bertujuan agar SMK tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang professional, kompeten, sesuai dengan kebutuhan sekolah dan sesuai dengan latar belakang pendidik sehiingga mutu pendidikan dapat tercapai
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Sumber Daya Manusia, Sekolah Menengah Atas, Mutu Pendidikan |
Subjects: | L Education > Educational Institutions L Education > Educational Institutions > portfolio assessment |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan, S2 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 19 Mar 2024 02:34 |
Last Modified: | 19 Mar 2024 02:34 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62055 |
Actions (login required)
View Item |