IMPLEMENTASI E-MODUL BERBASIS PBL PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA
Khurotul Ula, 4401418026 (2022) IMPLEMENTASI E-MODUL BERBASIS PBL PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh implementasi e�modul berbasis PBL pada materi sistem reproduksi manusia terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kendal dan menganalisis pengaruh implementasi e-modul berbasis PBL pada materi sistem reproduksi manusia terhadap kemandirian belajar siswa. Bahan ajar yang digunakan adalah e-modul materi sistem reproduksi manusia berbasis PBL yang telah dikembangkan sebelumnya. Desain penelitian yang digunakan adalah pre-experimental design dengan rancangan one group pretest-posttest design dikombinasikan dengan rancangan one-shot case study. Penelitian hanya menggunakan satu kelompok tanpa kelompok pembanding. Rancangan one-shot case study sehingga peneliti mengadakan treatment satu kali yang diperkirakan mempunyai pengaruh. Data yang dikumpulkan meliputi empat data, 1) kemampuan berpikir kritis dan 2) kemandirian belajar siswa sebagai data utama, serta 3) keterlaksanaan proses pembelajaran materi sistem reproduksi menggunakan E-Modul berbasis PBL dan 4) tanggapan guru dan siswa terkait e-modul sistem reproduksi berbasis PBL yang digunakan dalam pembelajaran sebagai data pendukung. Data kemampuan berpikir kritis diukur menggunakan instrumen tes. Data kemandirian belajar diukur menggunakan instrumen non tes (instrumen kemandirian belajar) yang didapat dari hasil pengisian oleh siswa dan observasi oleh observer. Data pendukung diukur melalui observasi di kelas dan angket tanggapan atas e-modul oleh guru dan siswa. Data kuantitatif kemampuan berpikir kritis dianalisis menggunakan uji n-gain, sedangkan data lainnya dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komponen e-modul materi sistem reproduksi berbasis PBL dapat melatihkan kemampuan berpikir kritis siswa. E�modul berbasis PBL tersebut juga mampu menjadi bahan ajar yang dapat melatih kemandirian belajar siswa. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penggunaan e�modul materi sistem reproduksi berbasis PBL berpengaruh positif yaitu dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | e-modul, kemampuan berpikir kritis, kemandirian belajar, PBL, sistem reproduksi |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1 |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 30 Jan 2024 08:00 |
Last Modified: | 30 Jan 2024 08:00 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61686 |
Actions (login required)
View Item |