Keefektifan Pembelajaran Kenampakan Bumi dan Bulan pada Siswa Kelas IV melalui Media Pembelajaran Berbasis ICT di SDN Kraton 2 dan 5 Kota Tegal
Rizka Awwali khoirina , 1402407160 (2011) Keefektifan Pembelajaran Kenampakan Bumi dan Bulan pada Siswa Kelas IV melalui Media Pembelajaran Berbasis ICT di SDN Kraton 2 dan 5 Kota Tegal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Keefektifan Pembelajaran Kenampakan Bumi dan Bulan pada Siswa Kelas IV melalui Media Pembelajaran Berbasis ICT di SDN Kraton 2 dan 5 Kota Tegal)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran berbasis ICT adalah pemanfaatan komputer, internet, dan LCD sebagai media dalam pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran berbasis ICT dalam pembelajaran masih sangat jarang dilakukan oleh guru-guru sekolah dasar, karena penguasaan dalam mengoperasikan komputer masih rendah. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi kepada guru SD akan pentingnya inovasi dalam pembelajaran kepada para siswanya. Permasalahan yang diungkap dalam penelitian ini adalah: ”Bagaimana keefektifan pembelajaran kenampakan bumi dan bulan pada siswa kelas IV melalui media pembelajaran berbasis ICT di SDN Kraton 2 dan 5 Kota Tegal?”. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA di SD dengan menguji tingkat keefektifan penggunaan media berbasis ICT. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dan sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas IV di komplek SDN Kraton Kota Tegal yang terdiri dari SDN Kraton 2 dan 5 Kota Tegal pada tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 42 siswa. Variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa dan Media Pembelajaran Berbasis ICT. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan metode tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji U Mann Whitney. Nilai rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen adalah 84,04 dan nilai rata-rata hasil belajar kelompok kontrol adalah 67,8. Hasil belajar kelompok eksperimen terbukti lebih baik dibandingkan kelompok kontrol. Dari perhitungan uji U diperoleh hasil bahwa hasil belajar kedua kelompok memiliki perbedaan yang signifikan dengan taraf signifikansi sebesar 0,002. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis ICT terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPA materi kenampakan bumi dan bulan. Berdasarkan temuan penelitian, disarankan sebagai berikut: (1)Hendaknya para siswa terkondisikan dengan baik saat pembelajaran, sehingga materi dapat dipahami dengan mudah; (2)Hendaknya Guru dapat menggunakan media berbasis ICT dalam pembelajaran khususnya pada mata pelajaran IPA kelas IV materi Kenampakan Bumi dan Bulan, sehingga pembelajaran IPA semakin berkualitas dan bervariasi; (3)Hendaknya sekolah yang telah memiliki fasilitas pembelajaran ICT, dapat memotivasi guru untuk menggunakan fasilitas tersebut dalam pembelajaran. Adapun bagi sekolah yang belum memiliki fasilitas ICT, hendaknya terpacu untuk menyediakan fasilitas tersebut untuk lebih menunjang pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media ICT, keefektifan, hasil belajar |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 25 Oct 2011 04:01 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 06:14 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6167 |
Actions (login required)
View Item |