PENGEMBANGAN GAME LABIRIN AKSARA JAWA UNTUK KELAS 3 MI QUDSIYAH
Allena Catur Sari, 2601416048 (2022) PENGEMBANGAN GAME LABIRIN AKSARA JAWA UNTUK KELAS 3 MI QUDSIYAH. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran bahasa Jawa bagi siswa kelas 3b di MI Qudsiyah Kudus terkesan monoton dan tak jarang siswa membuat gaduh suasana kelas. Suasana tersebut juga terjadi ketika materi aksara Jawa yang diajarkan oleh guru. Masalah tersebut akhirnya berdampak pada hasil pembelajaran yang kurang maksimal. Oleh karna itu, perlu adanya media inovatif yang dapat menarik minat siswa dalam mempelajarari aksara Jawa. Tujuan penelitian ini untuk, (a) Mendeskripsikan kebutuhan guru dan siswa terhadap Game Labirin Aksara sebagai media dalam pembelajaran membaca dan menulis kalimat sederhana berhuruf Jawa di MI Qudsiyah Kudus, (b) membuat wujud prototipe game labirin aksara Jawa untuk pembelajaran bahasa Jawa di MI Qudsiyah Kudus, (c) merevisi produk berdasarkan hasil uji validasi ahli terhadap prototipe game labirin aksara Jawa di MI Qudsiyah Kudus. Penelitian ini diharapkan dapat memberi ide bagi dunia pendidikan dan memberikan manfaat bagi guru dan siswa agar lebih mudah mempelajari serta ikut andil dalam pelestarian aksara Jawa. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Devlopment (R&D). Perolehan data penelitian ini dengan teknik wawancara dan angket. Hasil dari penelitian ini, yaitu (a) guru dan siswa MI Qudsiyah Kudus membutuhkan adanya media pebelajaran yang mampu menunjang dan menarik fokus dari proses belajar mengajar dalam materi aksara Jawa, (b) produk game labirin aksara Jawa menggunakan beberapa software diantaranya OpenOffice Beta 4.1.0, Adobe Photoshop CS3, dan Microsoft power point, (c) produk game labirin aksara Jawa telah direvisi sesuai dengan hasil uji validitas oleh ahli materi dan ahli media. Penelitian ini menghasilkan produk media pembelajaran berupa aplikasi permainan dengan nama game labirin aksara Jawa. Media pembelajaran ini dimainkan dengan cara mengikuti jalur labirin yang berbentuk seperti huruf aksara Jawa dan diselingi dengan latihan soal kalimat sederhana berhuruf Jawa. Permainan ini berisi 30 latihan soal dan dibagi menjadi 5 level, pada setiap level akan ada 6 latihan soal yang dimasukkan dalam ikon. Untuk menjawab soal maka siswa harus memasuki portal dalam bentuk ikon yang bervariasi dalam setiap jalur. Simpulan dari penelitian ini adalah guru dan siswa membutuhkan media tersebut, dengan prototipe game labirin aksara Jawa bebasis IT, dan validasi menunjukan layak dalam uji validitas. Harapan dari penelitian ini dapat menjadi referensi bagi peneliti lain dalam mengembangkan media yang serupa dengan materi yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Aksara Jawa, Game Labirin |
Subjects: | L Education > Educational Institutions P Language and Literature > PN Literature (General) |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Jawa (S1) |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 30 Jan 2024 03:19 |
Last Modified: | 30 Jan 2024 03:19 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61644 |
Actions (login required)
View Item |