Peningkatan Pembelajaran Pada Materi Pengaruh Globa-lisasi Melalui Pendekatan Penanaman Nilai di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 02 Lodaya Kecamatan Randudongkal
Andi Setiawan , 1402407078 (2011) Peningkatan Pembelajaran Pada Materi Pengaruh Globa-lisasi Melalui Pendekatan Penanaman Nilai di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 02 Lodaya Kecamatan Randudongkal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Peningkatan Pembelajaran Pada Materi Pengaruh Globa-lisasi Melalui Pendekatan Penanaman Nilai di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 02 Lodaya Kecamatan Randudongkal)
- Published Version
Download (3MB) | Preview |
Abstract
Era globalisasi salah satunya ditandai dengan perkembangan ilmu penge-tahuan dan teknologi, maka yang ikut terpengaruh dan mengalami pergeseran adalah nilai moral. Dewasa ini, pembinaan nilai moral kurang mendapatkan perhatian, baik orang tua di lingkungan keluarga maupun guru di sekolah. Hal tersebut disebabkan orientasi keberhasilan pendidikan hanya diukur oleh tingkat intelektualitas siswa, karena dalam pembelajarannya masih berpusat pada guru. Oleh karena itu, strategi pendidikan dalam membelajarkan pendidikan nilai diupayakan berpusat pada siswa. Pendidikan nilai salah satunya diberikan melalui Mata Pelajaran PKn. Berdasarkan analisis data awal, diperoleh bahwa pembelajaran PKn di kelas IV SD Negeri 02 Lodaya berlangsung tidak efektif. Hal tersebut disebabkan oleh perilaku siswa yang menyimpang, disamping itu guru hanya menggunakan metode ceramah. Oleh karena itu, peneliti akan mengadakan penelitian tindakan kelas melalui pendekatan penanaman nilai dalam pembelajaran PKn materi pengaruh globalisasi. Penelitian ini bertujuan meningkatkan pembelajaran terutama dalam mengembangkan ranah afektif siswa dalam pembelajaran. PTK ini direncanakan selama dua siklus, namun akan dilaksanakan siklus berikutnya hingga tujuan penelitian dapat tercapai, dengan tetap mempertimbangkan kurikulum yang berlangsung. Penelitian ini menekankan pada penanaman nilai serta melatih cara berpikir logis dan analitis. Siswa diajak untuk dapat mengambil nilai moral dari masalah sosial yang disajikan dalam pembelajaran. Dengan mencari dan mene-mukan sendiri nilai moral tersebut, diharapkan mampu diterapkan dalam kehi-dupan sehari-hari khususnya dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian, kualitas pembelajaran PKn materi pengaruh globalisasi mengalami peningkatan baik dari segi siswa maupun dari segi guru. Dari segi siswa, proses dan hasil belajar yang meliputi penilaian terhadap LKS, tes formatif serta lembar aktivitas mengalami peningkatan. Dari segi guru, penilaian terhadap RPP dan performansi dalam pembelajaran juga mengalami peningkatan. Seluruh indikator keberhasilan yang ditetapkan dapat dicapai, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan penanaman nilai metode pencarian bersama dalam pembelajaran PKn materi pengaruh globalisasi, terbukti dapat meningkatkan pembelajaran pada siswa kelas IV SD Negeri 02 Lodaya. Dengan adanya penemuan tersebut, disaran-kan kepada guru kelas IV untuk dapat mengimplementasikan metode pembela-jaran tersebut dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran PKn.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan nilai, peningkatan pembelajaran PKn, pendekatan penanaman nilai. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 25 Oct 2011 03:46 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 06:14 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6161 |
Actions (login required)
View Item |